Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Susu Cokelat Campur Jahe di Kedai Shi Jack, Bagaimana Rasanya?

Kompas.com - 13/07/2016, 22:03 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

 

SOLO, KOMPAS.com - Minum susu di malam hari adalah salah satu metode agar tidur tambah nyenyak. Apalagi jika secangkir susu tersebut dicampur madu, jahe, dan telur kampung. Rasanya pasti kian mantap.

Inilah yang saya lakukan saat berkunjung ke Solo, Jawa Tengah dalam Ekspedisi Merapah Trans Jawa Rabu (29/6/2016). Tak mau repot meracik susu sendiri, saya bertolak ke Jalan Dr. Radjiman, tepatnya ke lokasi tempat warung tenda susu segar Shi Jack berada.

Saat sampai di warung tenda Shi Jack, saya justru jadi kebingungan harus memesan susu yang mana. Sebab ada sekitar 50 menu susu dan makanan ringan di Shi Jack.

Nama menunya juga tak biasa. Contohnya Superboy yang merupakan singkatan dari "susu perah Boyolali". Ada lagi Suramadu, singkatan dari "susu rasa manis madu", atau Sumanto singkatan dari "susu manis telor".

Setelah sekian lama, akhirnya saya memesan Jack Rudy, singkatan dari "jahe cokelat sirup dingin". Sajian es susu coklat dengan jahe. Agaknya sajian susu cokelat dicampur jahe bukanlah hal biasa.

Benar saja rasanya memang istimewa! Saya tak menyangka ternyata susu murni, dicampur sirup cokelat, dan jahe ternyata dapat menyatu sempurna. Ada sensasi segar dari susu cokelat dingin dan hangat dari jahe.

Silvita Agmasari Makanan ringan yang dijajakan di Shi Jack, Solo.

"Shi Jack ini sudah buka dari tahun 1987, awalnya nama menunya tidak begini," ungkap Joko Surasno, pegawai di Shi Jack.

Hal yang membuat sajian susu di Shi Jack istimewa, menurut Joko karena kesegaran susunya.

"Kita pakai susu sapi murni yang dibawa dari Boyolali tiap hari. Kalau malam minggu bisa sampai 170 liter susu," kata Joko.

Shi Jack beroperasional dari pukul enam sore sampai jam setengah satu pagi. Selain di Jalan Radjiman, Shi Jack membuka cabang di Jalan Veteran.

Tak hanya aneka susu segar yang diracik dengan berbagai campuran, Shi Jack juga menjajakan makanan ringan seperti aneka sate dan gorengan.

Di sebelah tenda Shi Jack juga ada warung nasi liwet yang tak kalah nikmat. Alhasil malam itu saya tidur nyenyak, efek bahagia minum susu segar juga makan nasi liwet yang lezat di Solo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com