Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serius Mau "Diving"? Simak 4 Hal Penting Ini Dulu

Kompas.com - 14/07/2016, 13:01 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com - Beberapa tahun belakangan, olahraga diving di Indonesia semakin diminati oleh banyak orang. Nampaknya mulai banyak orang yang sadar akan keindahan alam bawah laut tanah air yang tersohor sampai dunia internasional.

Namun begitu, diving bukanlah olahraga biasa yang dapat dilakukan serta merta begitu saja. Ada banyak persiapan yang harus dilakukan sebelum melakukan diving.

"Diving adalah olahraga kategori berbahaya dan sangat prosedural. Tapi jika dilakukan sesuai instruksi akan aman. Ketahui dulu tujuan diving, untuk prestasi, rekreasi, untuk teknis, atau apa? Jika rekreasi maka masuklah organisasi selam khusus bidang recreational diving," ungkap Edy Prasetyo, penyelam khusus dokumentasi bawah laut kepada KompasTravel dalam Ekspedisi Saireri WWF Indonesia di Papua, bulan lalu. 

Selanjutnya ada empat hal yang harus diperhatikan oleh para penyelam pemula menurut Evi Nurul Ihsan, Monitoring and Surveilance Officer Sumber Daya Laut dari WWF Indonesia, yaitu:

1. Knowladge (pengetahuan)

"Penyelam harus terbuka dengan hal baru. Karena perkembangan dunia selam sangat pesat, jadi harus terus mencari pengetahuan misal tabel diving, kondisi lingkungan penyelaman," kata Evi.

2. Equipment (peralatan)

"Peralatan selam adalah setengah nyawa kita. Setengah nyawa lagi ada di buddy (rekan menyelam),"tutur Evi.

Ia menambahkan diving merupakan olahraga berbahaya dan prosedural. Jadi penyelam harus paham betul dengan peralatan dan harus nyaman ketika dikenakan.

3. Skill (kemampuan)

Menurut Evi, menyelam bukanlah bakat yang dibawa dari lahir, tetapi harus dipelajari. "Semakin sering menyelam maka akan semakin merasakan kenyamanan dalam aktivitas penyelaman," sarannya.

4. Experience (pengalaman)

"Perbanyak jam selam. Sama seperti latihan berkendara ada jam terbang. Ada log book dan juga profil penyelaman yang diisi setiap diving," jelas Evi. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com