Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Lebaran, Okupansi Hotel di Jogja Malah Menurun

Kompas.com - 15/07/2016, 09:22 WIB
Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Tingkat okupansi kamar hotel di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) selama libur Lebaran 2016 mengalami penurunan dibandingkan tahun lalu. Hal ini dipengaruhi adanya kemacetan panjang arus mudik di Jalur Brebes, hingga memicu banyaknya pembatalan pemesanan.

"Libur lebaran tahun ini okupansi mengalami penurunan," ujar Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY Istijab M Danunagoro saat dihubungi, Kamis (14/07/2016).

Istijab menuturkan, okupansi pada lebaran tahun-tahun sebelumnya hotel berbintang maupun non bintang bisa mencapai 100 persen. Bahkan satu hari sebelum hari H Lebaran saja kamar hotel berbintang maupun non bintang di DIY sudah terisi penuh.

Hotel yang berada di jalan Malioboro dan Jalan Mangkubumi atau di Ring satu untuk libur Lebaran tahun 2016 ini okupansinya juga tidak sebanyak tahun lalu. Padahal trennya di setiap musim liburan okupansi hotel di ring 1 tinggi.

"Belum sampai 100 persen, ring 1 hanya terisi rata-rata 80 persen. Padahal tahun lalu full dan sampai menolak tamu," tandasnya.

Diakuinya, pada musim libur Lebaran tahun ini memang pemesanan kamar hotel cukup banyak. Hanya saja, kemacetan panjang arus Mudik di Jalur Brebes menyebabkan banyaknya pembatalan pemesanan kamar hotel.

"Libur Lebaran tahun ini rata-rata okupansi hanya mencapai 60-70 persen. Penurunan ini sedikit banyak dipengaruhi adanya kemacetan di Brebes," pungkasnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com