Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhir Juli, Bangka Belitung Gelar Festival Pesona Serumpun Sebalai Nusantara

Kompas.com - 15/07/2016, 13:02 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

JAKARTA,KOMPAS.com - Provinsi Bangka Belitung siap menggelar Festival Pesona Serumpun Sebalai Nusantara 2016. Dengan tajuk "Babel Menari, Babel Mendunia", festival tahunan ini akan dilaksanakan pada tanggal 20-26 Juli 2016 di Alun Alun Taman Merdeka, Pangkal Pinang.

"Terkait kunjungan wisatawan ke Bangka Belitung yang terus meningkat, hal ini tidak terlepas dari momen kunjungan wisatawan besar-besaran ke Bangka Belitung saat peristiwa GMT 2016. Hal ini akan terus dijaga, antara lain dengan mengadakan secara terus menerus event-event besar yang menarik dan unik," ungkap Gubernur Provinsi Bangka Belitung, Rustam Effendi di acara jumpa pers Festival Pesona Serumpun Sebalai Nusantara 2016 di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Jumat (15/7/2016)

Salah satunya, lanjut dia, adalah apa yang akan dipentaskan di Pangkalpinang, ibukota provinsi kepulauan Bangka Belitung, berupa Festival Pesona Serumpun Sebalai Nusantara 2016.

Nama Serumpun Sebalai sejatinya adalah filosofi masyarakat Bangka Belitung, yang menggambarkan semangat kebersamaan dan kegotongroyongan, yang sampai sekarang tetap hidup dan diterapkan masyarakat Bangka Belitung.

Rustam mengatakan acara Festival Pesona Serumpun Sebalai Nusantara 2016 memiliki manfaat di antara lain, mengangkat prestasi para penari Bangka Belitung naik ke tingkat nasional, sebagai sarana hiburan bagi masyarakat, dan penunjang pariwisata tingkat nasional sehingga meningkatkan pendapatan nasional dan pendapatan daerah.

"Usulan saya karena ini sudah rutin, sudah bagus dijadikan event internasional. Untuk koreografer, desainer busana, dan komposer musiknya harus taraf nasional," kata Menteri Pariwisata, Arief Yahya, dalam kesempatan yang sama.

Adapun acara yang diselenggarakan di Festival Pesona Serumpun Sebalai Nusantara 2016 adalah Festival Seni Tradisi Bangka Belitung, Seleksi Tari Serumpun Sebalai dan Festival Tari Nusantara yang juga melibatkan 16 provinsi lain di tanah air.

Pariwisata Bangka Belitung mulai terkenal sejak tahun 2008, saat menjadi latar syuting film Laskar Pelangi. Obyek wisata pantai menjadi keunggulan dari Provinsi Bangka Belitung yang merupakan dua pulau besar yang terpisah dari Pulau Sumatera, diantaranya Pantai Pasir Padi di Bangka, Pantai Tanjung Tinggi, Pantai Tanjung Kelayang, dan Pulau Lengkuas di Belitung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com