Ini 2 Tempat Belanja Oleh-Oleh di Cirebon - Kompas.com

Ini 2 Tempat Belanja Oleh-Oleh di Cirebon

Silvita Agmasari
Kompas.com - 16/07/2016, 11:02 WIB
Silvita Agmasari Toko oleh-oleh khas Cirebon, Toko Daud.

CIREBON, KOMPAS.com - Buah tangan alias oleh-oleh adalah salah satu hal yang tak pernah luput saat berwisata. Apalagi jika Anda melewati Cirebon, Jawa Barat, kota yang terkenal sebagai sentra udang dan batik pesisir.

Salah satu toko oleh-oleh yang menjadi rekomendasi dari penduduk lokal Cirebon adalah Toko Daud. Toko Daud beralamat di Jalan Sukalila Utara Nomor 4D yang terletak di belakang PGC dan samping Gereja. Toko Daud juga membuka cabang di Jalan Ir.H. Juanda Nomor 9-11, berjarak 13 kilometer dari Gerbang Tol Cipali.

Karena lokasinya yang searah dengan jalur mudik, Toko Daud di Jalan Ir. H. Juanda ramai dikujungi saat musim arus balik mudik Lebaran. Seperti KompasTravel yang menyempatkan diri berbelanja oleh-oleh di Toko Daud pada akhir Ekspedisi Merapah Trans Jawa, awal Juli 2016. 

Toko Daud rupanya terbilang komplet soal oleh-oleh. Mulai dari makanan sampai pakaian ada di sini. Toko Daud berada di gedung dua lantai full AC, sehingga pengujung dapat dipastikan nyaman berbelanja disini. Apalagi sistemnya seperti supermarket, pengunjung dapat memilih dan mengambil sendiri oleh-oleh yang diinginkan.

Lantai pertama Toko Daud menjual segala makanan dan camilan khas Cirebon, seperti kerupuk udang, terasi, manisan mangga, sampai aneka keripik. Sedangkan di lantai dua, berjajar batik-batik cantik Cirebon yang memiliki ciri khas warna yang cerah. Mulai dari batik cap atau tulis, kain jadi atau bentuk pakaian ada di lantai dua.

Harga oleh-oleh di Toko Daud beragam mulai dari ribuan sampai jutaan rupiah. Untuk batik harga dimulai dari Rp 90.000 sampai Rp 2 jutaan.

(Baca juga: Sebelum Beli Oleh-oleh, Simak Tips Lengkap Ini Dulu...)

Silvita Agmasari Rak oleh oleh di Cafe Lawang Abang, Cirebon.

Tempat oleh-oleh lainnya yang tak kalah unik adalah Lawang Abang yang beralamat di Jalan Pemuda, Cirebon. Lokasinya berada di pusat kota Cirebon dan berada di ujung jalan, sehingga mudah terlihat. Apalagi ada ornamen kursi raksasa di halaman depan Lawang Abang. 

Tempat ini sebenarnya adalah kafe, namun juga menjual berbagai kerajinan UKM. Kursi dan meja makan, aneka kendi, celengan, wayang, jam tangan kayu, hiasan dinding, sampai batik dijajakan di Lawang Abang. Harga oleh-oleh di Lawang Abang juga terjangkau, mulai dari puluhan ribu sampai jutaan rupiah.

Selain dua toko oleh-oleh di atas, masih banyak toko oleh-oleh lainnya di sepanjang Jl Ir. H. Juanda yang rata-rata menjual keripik dan kerupuk khas Cirebon. Ingin berburu batik murah? pilihannya ke di Pusat Grosir Cirebon yang beralamat di Jl. Sukalila, tak jauh dari PGC juga banyak toko oleh-oleh khas Cirebon lainnya.  

PenulisSilvita Agmasari
EditorNi Luh Made Pertiwi F
Komentar