Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Takeru Kobayashi, Pemecah 7 Rekor Dunia Kontes Makan Porsi Besar

Kompas.com - 17/07/2016, 10:07 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Berapa banyak dan cepat Anda bisa makan? Jika Anda cukup percaya diri soal hal ini, cobalah tantang Takeru Kobayashi atau akrab disapa Kobi.

Pria asal Jepang berusia 38 tahun itu pemegang rekor makan dunia. Kobayashi memang bukan pria biasa, ia sanggup makan dalam porsi yang sangat besar, sekalipun dalam waktu yang sangat singkat.

Atas kemampuannya tersebut, Kobayashi dijuluki The Tsunami. Saat ini dia menyabet tujuh kejuaran dunia untuk kontes makan yang tercatat dalam Guiness Book of World Record.

Beberapa kontes makan yang pernah dijawarai Kobayashi dan memecahkan rekor dunia adalah menghabiskan 11 Hamburger dalam 3 menit (5 Juni 2014), 1 loyang Pizza 12 inchi dalam 1 menit 9,36 detik (12 November 2012), 14 Twinkies dalam 1 menit (23 Januari 2012), 100 gram Spaghetti dalam 45 detik (25 Maret 2011), 10 Hamburger dalam 3 menit (29 Agustus 2010), 29 Meatball dalam 1 menit (8 Maret 2010) dan 6 Hot Dog dalam 3 menit (25 Agustus 2009).

Ia mengaku hanya ada satu makanan yang memberikannya rekor dunia yang tak mau ia coba lagi. Makanan apakah itu? "Otak sapi, karena itu menjijikan," ungkap Kobi disambut tawa media, saat jumpa pers usai ia menyelesaikan tantangan makan Indomie Goreng sebanyak-banyaknya dalam waktu 3 menit di Rumah Indofood, Pekan Raya Jakarta, Kemayoran, Sabtu (16/7/2016).

Dalam acara tersebut, Kobi berhasil makan 22 Indomie Goreng dalam waktu tiga menit. Meski begitu jangan heran saat melihat Taksehi.

(Baca: Pria Jepang Ini Makan 22 Indomie Goreng dalam 3 Menit!)

Kompas.com/Silvita Agmasari Takeru Kobayashi saat tengah menghabiskan Indomie Goreng.

Sebagai professional eater (pemakan profesional), mungkin bayangan orang akan tubuh Kobi adalah sosok yang tambun. Namun, Kobi ternyata memiliki tubuh ideal dengan otot perut six pack. Ia memiliki bobot 48 kilogram dengan tinggi 175 kilogram.

Bagi Kobi, urusan makan dengan cepat dalam jumlah banyak sudah menjadi profesi yang dijalaninya sejak 15 tahun lalu.

"Dari kecil orang tua saya selalu menyuruh makan agar tubuh sehat. Waktu SMA saya juga diberi banyak makanan oleh teman-teman perempuan. Kalau dibuang sayang, jadi saya makan saja semuanya," kata Kobi.

Sampai akhirnya di bangku kuliah, Kobi ikut kontes makan di restoran kari. "Saat itu saya makan 5,1 kilogram nasi kari. Teman saya kemudian mengirim surat ke saluran TV. Saya dipanggil untuk makan di acara televisi. Lalu saya dibawa ke Amerika Serikat untuk ikut kontes makan. Sejak saat itu terus berlanjut," cerita Kobi.

Dengan profesinya sebagai professional eater, Kobi dapat menghasilkan uang puluhan hingga ratusan ribu dollar AS atau setara dengan jutaan hingga miliyaran rupiah jika memenangkan kontes makan bergengsi. Belum lagi jika diundang hadir untuk mempertunjukkan kebolehannya. 

Tertarik menjadi pemakan profesional seperti Kobi? "Ini setengah-setengah, 50 persen bakat pemberian Tuhan, 50 persen lagi kerja keras. Siapapun bisa seperti saya kalau mau rajin latihan," ungkap Kobi. 

Seperti apa aksi Kobi menghabiskan 22 Indomie Goreng dalam tiga menit? Simak video berikut:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com