Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Taman Kota untuk Santai Sore di Jakarta

Kompas.com - 20/07/2016, 08:10 WIB
Yosia Margaretta

Penulis

KOMPAS.comMall atau pusat perbelanjaan bukanlah satu-satunya tempat untuk melepas penat usai seharian bekerja di depan monitor. Cobalah datang ke beberapa taman kota untuk rileksasi pikiran.

Jakarta punya beberapa taman kota yang cocok disambangi bersama teman, keluarga, maupun pasangan. Dihimpun KompasTravel, berikut lima di antaranya.

KOMPAS/LASTI KURNIA Warga menikmati suasana sore hari dengan bercengkrama di Taman Ayodya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (25/6/2012). Taman yang asri dengan air mancur dan taman yang terawat tersebut selalau ramai menjadi tempat berkumpul para remaja di sore hari.

Taman Ayodya

Taman ini terletak di Jalan Barito, Keramat Pela, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Oleh karena itulah taman ini disebut juga Taman Barito.

Dulu, taman ini adalah pasar ikan dan bunga. Namun pasar tersebut telah pindah ke kawasan Pondok Indah, Antasari dan Kemang. Di sini Anda dapat menikmati pemandangan sejuk dan asri, berbanding terbalik dengan wajah Jakarta yang penuh gedung pencakar langit dan asap kendaraan bermotor.

Selain alam terbuka hijau ,di sini juga terdapat kolam ikan yang memiliki air mancur. Gazebo di taman ini bisa Anda gunakan untuk bersantai dan menikmati pemandangan.

Anda bisa mengunjungi taman ini di pagi hari untuk berolahraga, trek lari tersedia gratis. Pada siang hari Anda bisa berfoto ria di tengah rimbunnya pepohonan. Pada malam hari, Anda bisa menikmati keindahan taman ini lewat lampu-lampunya yang akan menerangi taman.

Penjual makanan dan minuman juga tersedia di sekitar taman ini, mulai dari nasi goreng sampai soto ayam dan ketoprak. Namun ingat, jangan membuang sampah sembarangan. Anda harus menjaga kebersihan taman kota.

KOMPAS.COM/TRI WAHYUNI Seorang anak perempuan tengah asyik mengayuh sepedanya berputar mengelilingi Taman Menteng, Jakarta Pusat.

Taman Menteng

Taman ini seringkali digunakan untuk berkumpulnya beberapa komunitas seperti Kelompok Teater Detak, New Squad Shuffle, Barian Menteng Street Workout, dan lainnya. Taman yang sudah melewati tiga kali perombakan ini sekarang menjadi salah satu taman kota favorit masyarakat Jakarta. Lengkapnya fasilitas di sini membuat masyarakat betah berlama-lama.

Taman Menteng dilengkapi WiFi, lapangan futsal, lapangan basket, trek lari, taman bermain anak, serta gedung parkir. Anda dapat berolahraga sambil menghirup udara yang sejuk di tengah Jakarta yang penuh dengan asap kendaraan.

Tidak hanya itu, Taman Menteng punya rumah kaca yang biasa dijadikan latar selfie oleh para pengunjung. Rumah kaca memiliki bentuk yang menyerupai piramida dan berisi bibit-bibit tanaman. Bagian yang kosong dari rumah kaca ini biasa diisi beragam acara.

Pada malam hari, Taman Menteng akan semakin ramai karena kehadiran para penjual makanan. Terdapat banyak sekali makanan yang bisa Anda cicipi. Ada dimsum, nasi goreng, tahu gejrot, sampai rujak buah. Taman ini berada di Jalan HOS Cokroaminoto Menteng, Jakarta Pusat.

Jessi Carina Taman Suropati bebas dari PKL dan parkir liar. Foto diambil pada Selasa (14/6/2016).

Taman Suropati

Masih di daerah Menteng, Taman Suropati terletak di Jalan Imam Bonjol Menteng. Taman ini memiliki luas 16.382 meter persegi dan diisi ribuan pot tanaman hias. Suasana yang sangat sejuk bisa Anda temukan di sini karena Taman Suropati dikelilingi pohon-pohon rindang. Selain itu, Anda juga bisa menemukan patung-patung hasil karya para seniman asal negara-negara Asia Tenggara.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com