Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bernostalgia dengan Kuliner Masa Lalu di Pasar Kangen Jogja

Kompas.com - 20/07/2016, 19:03 WIB
Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Kangen adalah perasaan yang sering dialami oleh setiap manusia ketika rindu kepada seseorang atau pun sesuatu yang sudah lama tidak berjumpa. Perasaan kangen ini pasti pernah dirasakan oleh setiap manusia.

Seperti halnya, ketika seseorang rindu akan makanan yang zaman dulu disantap ataupun ingin memainkan permainan tatkala masih kecil. Kerinduan akan zaman dulu, khususnya Yogyakarta kini dapat terobati.

Sebab, demi mengobati rasa rindu akan kuliner zaman dulu, hadir kembali Pasar Kangen Jogja yang dilaksanakan di Taman Budaya Yogyakarta mulai dari tanggal 19-27 Juli 2016.

"Setiap tahun. Ini pelaksanaan Pasar Kangen Jogja yang ke-9," ujar Ketua Panitia Pasar Kangen Jogja, Ong Hariwahyu, Rabu (20/7/2016).

Di pasar Kangen Jogja ke-9 ini, terdapat 68 stand dengan konsep gubug yang mengitari Taman Budaya Yogyakarta. Stand-stand ini seluruhnya menjajakan kuliner tradisional yang dulu pada zamannya mudah dijumpai.

Kehadiran kuliner-kuliner zaman dulu ini membuat orang tua maupun pengunjung yang dahulu pernah tinggal di Yogyakarta bisa bernostalgia dengan masa lalu khususnya kuliner.

Kuliner yang hadir dalam Pasar Kangen Jogja antara lain thiwul, lopis ketan, wedang uwuh, cenil, sate gajih, sate kere, kipo, berbagai jenang, jadah tempe, hawuk-hawuk, ledondo, lupis dan masih banyak lagi.

Penjaga stand di Pasar Kangen Jogja pada tahun ini diwajibkan mengenakan pakaian tradisional. "Kami melakukan seleksi ketat untuk stand kuliner agar yang hadir benar-benar tradisi khas Yogya," tegas Ong.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com