Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Restoran Indonesia Menangi World Luxury Restaurant Awards 2016

Kompas.com - 21/07/2016, 15:41 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Delapan tahun belakangan, digelar World Luxury Hotel Awards yang menghimpun hotel-hotel upscale terbaik. Tahun ini, penghargaan tersebut juga diberikan pada restoran-restoran mewah terbaik di dunia.

World Luxury Restaurant Awards menghimpun restoran-restoran mewah terbaik di berbagai negara. Restoran dibagi dalam 78 kategori, seperti Luxury Hotel Restaurant, Fine Dining Cuisine, sampai kategori khusus, seperti Spanish Cuisine dan South American Cuisine.

Tahun pertama digelar, tiga restoran di Indonesia masuk dalam 35 besar restoran mewah terbaik di dunia. Mengutip situs resmi Luxury Restaurant Awards, Kamis (21/7/2016), ketiganya terletak di Bali dan Jakarta. 

Restoran pertama adalah Fiveelements Sakti Dining Room yang terletak di Ubud, Bali. Restoran ini masuk dalam kategori Gourmet Vegan Cuisine.

DOK. FIVEELEMENTS Fiveelements Sakti Dining Room terletak di Ubud, Bali.
Terletak di tengah pesawahan dan lanskap hijau Ubud, Fiveelements menyajikan raw vegan foods yang kaya akan rasa, warna, serta nutrisi. Semua masakan yang disajikan di restoran ini terbuat dari bahan organik yang dibeli langsung dari petani lokal.

Restoran kedua yang masuk dalam daftar 2016 World Luxury Restaurant Awards Global Winner adalah Akira Back. Restoran yang terletak di MD Building, Jakarta, ini masuk dalam kategori Japanese Cuisine.

Restoran ini menyuguhkan menu masakan ala Jepang dengan sentuhan Korea. Selain makanan, Akira Back juga unggul dalam menyajikan sake dan wine serta beragam speciality cocktails. Restoran berkapasitas 144 orang ini memiliki desain kontemporer sekaligus nyaman, dengan pemandangan Kota Jakarta dari ketinggian.

Restoran ketiga adalah Starfish Bloo, yang masuk dalam kategori Asian Cuisine. Restoran yang terletak di Jalan Petitenget, Seminyak, ini memiliki desain kontemporer sekaligus terbuka. Anda bisa merasakan semilir angin pesisir Pantai Seminyak sambil menikmati beragam hidangan akulturasi Asian dan Western.

DOK. STARFISH BLOO Restoran Starfish Bloo yang terletak di Jalan Petitenget, Seminyak ini memiliki desain kontemporer sekaligus terbuka.
Kriteria restoran yang masuk dalam penghargaan ini tidak main-main. Semua restoran harus memiliki standar tinggi dalam hal arsitektur dan interior. Makanan dengan kualitas tinggi harus dihidangkan dengan presentasi menawan. Pelayanan restoran juga menjadi kriteria utama. Salah satunya, seberapa banyak restoran tersebut mendapat ulasan positif dari pengunjungnya.

Selain Indonesia, restoran mewah terbaik 2016 juga tersebar di berbagai negara. Mulai dari negara tetangga, yakni Singapura dan Thailand, sampai negara-negara di belahan bumi lainnya yakni Meksiko dan Portugal.

Meski begitu, Indonesia cukup unggul dibanding negara-negara lainnya di Asia Tenggara. Thailand memiliki jumlah restoran terbanyak, yakni enam. Sementara Singapura punya dua restoran dan Malaysia satu restoran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com