Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kasada di Bromo Tahun Ini Dikunjungi 135 Wisman

Kompas.com - 22/07/2016, 17:03 WIB
Andi Hartik

Penulis

MALANG, KOMPAS.com - Ritual upacara Yadnya Kasada di Gunung Bromo yang berlangsung pada Kamis (21/7/2016) menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara (wisman).

Data yang ada di Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS), jumlah kunjungan wisman pada ritual tahunan itu mencapai 135 orang. Sedangkan untuk kunjungan wisatawan lokal hanya mencapai 193 orang.

"Jumlah pengunjung Kasada untuk Indonesia 193, wisatawan mancanegara 135. Ini dari penarikan restribusi Resort TLP (Tengger Lautan Pasir)," kata kepala BB TNBTS John Kennedie kepada KompasTravel, Jumat (22/7/2016).

Menurut John, jumlah kunjungan wisatawan tersebut tidak jauh beda dengan jumlah kunjungan pada ritual Yadnya Kasada pada tahun-tahun sebelumnya.

Bahkan, kondisi Gunung Bromo yang berstatus waspada dan terus mengeluarkan abu vulkanik tidak mempengaruhi jumlah kunjungan wisatawan. "Tidak jauh beda. Kasada sebelum-sebelumnya juga seperti itu," kata John Kennedie.

Sementara itu, jumlah warga Suku Tengger yang memadati ritual tersebut tetap tinggi. Sayang, kedatangan warga Suku Tengger tidak bisa dihitung secara pasti. "Perkiraan untuk masyarakat lokal Tengger kurang lebih 10 ribu orang lebih," tambah John.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com