Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat! Lomba Foto Bawah Laut sampai Pawai Bunga di Sulawesi Utara

Kompas.com - 23/07/2016, 13:22 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Provinsi Sulawesi Utara terkenal akan kecantikan alam, budaya dan kelezatan kulinernya. Semua hal tersebut dapat Anda rasakan saat ikut serta dalam berbagai festival yang telah disiapkan oleh Sulawesi Utara sampai akhir tahun 2016.

Berikut adalah berbagai festival rakyat yang diselenggarakan oleh Sulawesi Utara, berdasarkan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulawesi Utara, Happy Korah:

1. Festival Pesona Bunaken (25-29 Juli 2016)

Kerja sama Dinas Pariwisata Sulawesi Utara dengan Kementrian Pariwisata, menampilkan beragam kesenian khas Sulawesi Utara, seperti tari maengket, musik kolintang, lomba foto bawah laut, lomba perahu hias, juga kesempatan untuk menjajal kuliner se-Indonesia. Seperti namanya, festival ini diadakan di Bunaken.

KOMPAS.COM/RONNY ADOLOF BUOL Salah satu sisi di Pulau Bunaken, Sulawesi Utara yang tersohor dengan Taman Lautnya yang sangat indah.
2. Tomohon International Festival (8-12 Agustus 2016)

Tomohon International Festival (TIF) adalah acara rutin tahunan di daerah Tomohon, Sulawesi Utara yang terkenal sebagai penghasil bunga. Tahun ini TIF diikuti oleh 17 peserta internasional dan peserta dari provinsi lainnya.

Jangan lewatkan TIF karena Anda dapat menyaksikan langsung pawai bunga dengan beragam bentuk dan warna yang semarak.

3. Hari Ulang Tahun Sulawesi Utara (September 2016)

Salah satu acara yang ditunggu dari Hari Ulang Tahun Sulawesi Utara adalah Kontes Nyong dan Noni Sulawesi Utara. Pemenang acara ini nantinya akan mewakili Sulawesi Utara untuk melaju ke ajang Puteri Indonesia.

Tahun 2015 lalu, Noni Sulawesi Utara, Kezia Worouw memenangkan ajang Puteri Indonesia dan bersiap melaju ke ajang Miss Universe di tahun 2016.

Kompas.com/Ronny Adolof Buol Perahu bercadik khas daerah Nusa Utara terparkir di salah satu pantai yang indah di Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara.
4. Festival Pesona Sangihe (5-10 September 2016)

Dalam Festival Pesona Sangihe akan diselenggatakan pawai budaya, penjemputan yacht rally, pergelaran musik oli dan tari solo, inland tour, pameran, pembangunan, dan aneka lomba yang dilaksanakan di Pulau Sangihe, beranda utara Republik Indonesia. Pulau Sangihe berjarak 5 jam dari Manado.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com