Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Misalin, Tradisi Berganti Perilaku Warga Galuh

Kompas.com - 25/07/2016, 11:44 WIB

DIIRINGI alunan musik tradisional Sunda berupa kecapi, suling, dan kendang, Bupati Ciamis Iing Syam Arifin memakaikan baju putih kepada Raden Latip Adiwijaya, juru pelihara situs Salawe, Desa Cimaragas, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Tradisi itu adalah puncak dari serangkaian ritual adat Misalin di Tatar Galuh yang digelar di hutan sisi Sungai Citanduy.

Ritual Misalin ini diselenggarakan oleh komunitas adat Kawargian Galuh Salawe di situs Salawe Gara Tengah, Desa Cimaragas, yang terletak sekitar 10 kilometer timur pusat kota Ciamis, Senin (30/5/2016). Dalam bahasa Sunda, mi berarti melakukan kegiatan dan salin berarti mengganti. Baju putih adalah lambang kebersihan dan kejujuran yang harus dijalankan warga Sunda Galuh (Ciamis).

Tradisi itu dilaksanakan sebelum bulan Ramadhan sekaligus untuk membersihkan diri sebelum menunaikan ibadah puasa. ”Tradisi ini bermakna agar warga Galuh melakukan salin diri dari perilaku buruk menjadi baik,” ujar Abah Latip, panggilan akrab Raden Latip Adiwijaya.

Pesan ritual ini juga ditujukan agar setelah bulan puasa warga Galuh bersih untuk menapaki kehidupan selanjutnya. Warga Galuh harus berperilaku jujur ketika menjalani kehidupan sosial, politik, ekonomi, lebih-lebih memperlakukan lingkungan hidup.

Galuh secara harfiah berarti permata kehidupan dan bagi ilmu kagaluhan permata kehidupan itu adalah kejujuran.

Hutan di sisi Citanduy itu merupakan situs petilasan dan makam keturunan Raja Galuh, yakni Prabu Cipta Permana, yang dijuluki Maharaja Cipta Sang Hyang Prabudi Galuh Salawe.

Menurut penyusun buku Kerajaan Galuh, Djadja Sukardja (1999), Prabu Cipta Permana (1595-1618) merupakan Ratu Galuh yang pertama masuk Islam karena Sang Prabu menikah dengan Tanduran Tanjung, putri Maharaja Mahadikusumah, penguasa di Kawali di Ciamis utara. Sekitar 1570 Masehi, Kerajaan Sunda Galuh di Kawali di bawah kekuasaan Cirebon.

Sebelum tahun 1569, Kesultanan Cirebon belum terikat dengan Kerajaan Mataram. Bahkan, daerah Ciamis utara, yakni di utara Sungai Citanduy, sudah di bawah kekuasaan Cirebon, termasuk Panjalu. Baru setelah tahun 1618, Mataram menjajah Galuh yang dimulai dengan gelar raja yang tadinya bergelar ratu atau sanghyang diganti dengan gelar adipati, yaitu bupati di bawah jajahan Mataram.

Seni tradisi

Di tengah rimbunnya pepohonan bambu di pinggir Citanduy yang sejuk terdapat struktur petilasan keraton dengan empat gerbang, lengkap dengan singgasana raja terbuat dari susunan batu. Pohon besar berusia ratusan tahun masih tumbuh. Ada juga yang sudah tumbang dan dibiarkan tergeletak dimakan rayap dan jamur kayu.

Bagi warga Tatar Galuh, situs ini adalah kekayaan yang tak ternilai besarnya karena di dalamnya bisa diolah untuk penelitian, nilai-nilai moral, pendidikan atau dijadikan kawasan wisata.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com