Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Serangga yang Kerap Dimakan, Berani Coba?

Kompas.com - 25/07/2016, 19:00 WIB

JANGAN kaget, serangga yang biasa dianggap menjijikan ternyata bisa dimakan dan memiliki rasa yang lezat. Mau tahu serangga apa sajakah itu? Berikut uraian serangga yang bisa dimakan.

Kalanjengking

Di pasar tradisional China dan beberapa negara di Asia Tenggara seperti Kamboja, Anda akan dengan mudah menemui kalajengking. Kalajengking bisa diolah dengan cara dipanggang, digoreng atau dibakar. Namun beberapa orang bahkan memakan kalajengking dalam keadaan mentah.

Kecoa

Masyarakat China menjadi kecoa sebagai salah satu camilan mereka. Kecoa biasanya digoreng dengan menggunakan minyak kacang, dan dihidangkan tanpa sayap. Bahkan, dipercaya kecoa dapat menyembuhkan penyakit jantung, hati dan sakit perut.

Lebah dan Tawon

Masyarakat di Asia, Afrika, Australia, Amerika Selatan dan Meksiko biasa mengonsumsi lebah dan tawon. Tidak hanya lebah dewasa, larva lebah pun juga biasa mereka konsumsi. Rasanya mirip dengan kacang almond. Sedangkan, tawon memiliki rasa seperti kacang pinus.

Rayap

Serangga yang sangat kaya akan protein, zat besi, kalsium dan asam amino banyak dikonsumsi oleh masyarakat Amerika Selatan dan Afrika. Rayap bisa dimakan mentah atau digoreng terlebih dahulu.

Semut

Untuk setiap 100 gram semut merah mengandung sekitar 14 gram protein, 48 gram kalsium dan kurang dari 100 gram kalori. Anda tertarik untuk mengonsumsi semut?

Tarantula

Anda akan dengan mudah menemui tarantula di restoran dan pasar tradisional di Kamboja. Tarantula biasanya diolah dengan cara digoreng, kemudian disajikan dengan tambahan saus lemon. Kakinya terasa seperti udang goreng, sedangkan bagian perut terasa seperti daging ayam goreng.

Belalang

Masyarakat di beberapa negara sangat suka dengan rasa belalang. Belalang tidak dikonsumsi begitu saja, tapi direndam terlebih dahulu di dalam kaldu, kemudian belalang dilapisi dengan tepung, ketumbar, bawang putih dan cabai bubuk.

Setelah itu, belalang digoreng hingga garing. Rasanya? Renyah dan manis seperti udang goreng. Di Yogyakarta juga kerap bisa ditemukan belalang goreng.

(SCI/ dari berbagai sumber)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com