Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Pilihan Transportasi Menuju Solo

Kompas.com - 27/07/2016, 12:28 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

SURAKARTA, KOMPAS.com – Solo sebagai destinasi wisata memiliki obyek-obyek wisata menarik yang bisa dikunjungi. Sebut saja Pasar Gede yang menyimpan kuliner-kuliner tradisional yang bisa dinikmati dari pagi hari hingga menjelang sore.

Seperti di Yogyakarta, Solo juga memiliki keraton yang bisa disambangi. Di sekitar Solo tepatnya di Kabupaten Sukoharjo, sentra-sentra industri seperti pembuatan kerupuk karak, rambak, shuttlecock, gamelan, dan alkohol juga bisa didatangi.

Semua obyek-obyek wisata tersebut bisa Anda singgahi dengan memulai perjalanan dari Kota Solo. Pilihan transportasi umum untuk menuju Solo juga bervariasi seperti kereta api, bus, kapal laut, dan pesawat terbang.

Jika Anda berasal dari Jakarta, pilihan transportasi seperti bus, kereta api, dan pesawat udara bisa dipilih. Anda bisa naik kereta api dari kelas ekonomi, bisnis, dan juga eksekutif.

Kereta api

Dari Stasiun Gambir misalnya tersedia pilihan kereta api seperti Argo Dwipangga, Bima, Gajayana, dan Argo Lawu. Sementara dari Stasiun Pasar Senen, Anda bisa memilih kereta api Senja Utama Solo, Gaya Baru Malam, Bengawan, Jaka Tingkir, dan Krakatau.

Begitu pula dari arah timur Kota Solo seperti Stasiun Surabaya Gubeng, Anda juga bisa naik kereta seperti Mutiara Selatan, Argo Wilis, Sancaka Pagi, Sancaka Sore, Turangga, dan Bima. Sementara dari Stasiun Malang, Anda bisa naik kereta api Malioboro Ekspress, Bima, Gajayana, dan Malabar.

Untuk harga tiket kereta seperti Argo Dwipangga, Bima, Gajayana, dan Argo Lawu mulai Rp 285.000 hingga Rp 535.000. Kereta Senja Utama Solo, Gaya Baru Malam, Bengawan, Jaka Tingkir, dan Krakatau mulai dari Rp 74.000 - Rp 270.000.

KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Suasana Jalan Jenderal Sudirman, Solo, Jawa Tengah, Jumat (22/7/2016).
Dengan pilihan kereta api, Anda bisa turun di Stasiun Solo Balapan atau Purwosari. Dari Stasiun Solo Balapan, jarak ke pusat kota Solo di Jalan Briptu Slamet Riyadi berjarak sekitar tiga kilometer.

Pesawat

Jika menggunakan pilihan pesawat udara, Anda bisa memilih tujuan penerbangan menuju Bandara Adisumarmo, Solo. Berbagai maskapai penerbangan seperti Garuda Indonesia,  Sriwijaya Air, Lion Air, dan maskapai lainnya bisa Anda gunakan.

Tiket maskapai-maskapai penerbangan tersebut seperti Sriwijaya Air ditawarkan dengan harga berkisar Rp 370.000 dan Garuda Indonesia berkisar Rp 580.000.

Bus

Pilihan jalur darat lainnya adalah transportasi bus. Solo sendiri adalah jalur yang dilewati bus jika menuju Nganjuk, Kediri, Madiun, hingga Surabaya jika mengambil sisi selatan.

Dari Jakarta, Anda bisa naik dari terminal seperti Terminal Pulo Gadung, Grogol, Pasar Minggu, Pinang Ranti dan Kampung Rambutan. Berbagai bus misalnya Haryanto, Pahala Kencana, dan bus-bus lain bisa Anda naiki menuju Solo.

KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Warga menyeberang Sungai Bengawan Solo menggunakan perahu kayu dari Kelurahan Sangkrahan, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah, Kamis (21/7/2016). Menyeberangi Sungai Bengawan Solo adalah salah satu aktivitas yang ditawarkan dalam paket wisata Accor Solo Royal Heritage Cycling.
Harga tiket bus menuju Solo dari Jakarta ditawarkan mulai dari kisaran Rp 120.000. Harga tersebut akan berbeda jika bus yang ditumpangi adalah kelas eksekutif yang berkisar Rp 200.000.

Saat Anda naik bus menuju Solo, Anda bisa turun di Terminal Tirtonadi, Solo. Dari Terminal Tirtonadi, jarak ke pusat Kota Solo berkisar tiga kilometer dengan harga Rp 25.000.

Semua moda transportasi tersebut bisa Anda gunakan untuk menuju dekat area pusat Kota Solo. Dari stasiun, bandara, maupun terminal Anda bisa menggunakan taksi untuk ke pusat Kota Solo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com