Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembuatan Kerupuk Rambak hingga Gamelan, Ini 5 Wisata Sentra Industri Sekitar Solo

Kompas.com - 31/07/2016, 10:08 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

SURAKARTA, KOMPAS.com - Wisata di Solo tak hanya kawasan keraton dan pasar-pasar seperti Pasar Klewer dan Pasar Gede. Wisatawan bisa berkunjung ke Kabupaten Sukoharjo sebagai destinasi wisata alternatif yang tak jauh dari Solo.

Di Sukoharjo, khususnya di Kecamatan Mojolaban terdapat sentra industri rumah tangga yang bisa disambangi. Wisatawan bisa melihat pembuatan kerupuk karak, rambak, gamelan hingga alkohol.

KompasTravel beberapa waktu lalu sempat mengunjungi sentra-sentra industri yang termasuk ke dalam paket wisata Accor Solo Heritage Cycling. Simak 5 sentra industri yang bisa dikunjungi di Kecamatan Mojolaban.

1. Pembuatan Shuttlecock

Tak jauh di pinggir Sungai Bengawan Solo, geliat beberapa industri masyarakat bisa dilihat dengan mata telanjang. Seperti dari Dukuh Ngentak, Desa Gadingan, Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, ribuan kok (shuttlecock) dikirim ke daerah Sukoharjo dan ke luar Sukoharjo.

Rumah produksi shuttlecock yang bisa dikunjungi oleh wisatawan adalah usaha shuttlecock Marjoko, Kompas & Domas (MKD). Usaha shuttlecock MKD dilakukan di sebuah rumah bertingkat bergaya modern dengan halaman depan yang luas.

(Baca: Melancong ke Kediaman Marjoko, Kompas, dan Domas)

KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Pekerja tengah memeriksa proses pengeleman kok di sentra pembuatan kok Marjoko Kompas & Domas (MKD) di Desa Gadingan, Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, Kamis (21/7/2016). Sentra pembuatan kok MKD adalah salah satu tempat yang dikunjungi dalam paket wisata Accor Solo Heritage Cycling.
2. Pembuatan Gamelan

“Tang... Teng... Tung... Tang... Teng... Tung,” begitulah suara yang terdengar di rumah pembuatan gamelan.

Itulah yang aktivitas yang tampak di rumah pembuatan gamelan di Desa Wirun, Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, pada Kamis (21/7/2016) lalu. Sebuah desa yang telah dikenal sebagai penghasil gamelan sejak dulu.

Wisatawan bisa melihat proses pembuatan gamelan di Desa Wirun. Selain itu, wisatawan juga memotret dan tentu bisa berbincang dengan pengrajin gamelan.

(Baca: Gema Perajin Gamelan Sukoharjo)

3. Pembuatan Karak

Begitupun jika Anda pergi ke Solo, ada satu kerupuk khas yang juga bisa dijadikan oleh-oleh yakni karak. Di daerah-daerah lain kerupuk renyah ini juga dikenal dengan nama kerupuk gendar, puli, maupun kerupuk beras.

Wisatawan bisa datang ke salah satu sentra pembuatan karak di Desa Gadingan, Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo. Di sana, Anda bisa melihat pembuatan kerupuk karak dari mulai pengukusan beras hingga tahap penggorengan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com