Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Depan, Kabupaten Badung Akan Gelar Festival Bahari

Kompas.com - 31/07/2016, 22:10 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Badung, Bali berencana menyelenggarakan Festival Bahari untuk pertama kali pada tahun 2017. Hal itu disampaikan oleh Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta.

"Perlu kami laporkan kepada ibu Deputi (Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara) bahwa Festival Bahari ini akan kami lakukan di kawasan Kuta Selatan dan Kuta Utara," kata I Nyoman Giri Prasta dalam launching Legian Beach Festival di Jakarta, Rabu (27/7/2016) lalu.

Ia menyatakan, konsep Festival Bahari di Kabupaten Badung akan memanfaatkan potensi wisata alam yang ada di Badung. Adapun kegiatan yang akan dilakukan dalam Festival Bahari Kabupaten Badung antara lain kuliner laut, surfing, dan snorkeling.

"Para tamu atau wisatawan selain menikmati panorama juga bisa melakukan kegiatan itu (dalam Festival Bahari)," tambahnya.

Selain kegiatan-kegiatan wisata, Bupati Badung juga menyebutkan akan melakukan penanaman terumbu karang dan pengembangan biota laut. Kegiatan-kegiatan tersebut, lanjutnya, diharapkan menjadi pemacu blue economy (ekonomi berbasis bahari) di Kabupaten Badung.

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Destinasi wisata Pianemo di Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, Kamis (5/5/2016). Untuk melihat panorama bahari ini, wisatawan harus menaiki 320 anak tangga, sebelum akhirnya rasa capek terbayar dengan melihat keindahan Pianemo dari atas bukit.
"Kami menyakini dengan Festival Bahari ini akan menjadi calender event di Kabupaten Badung khususnya untuk kepentingan rakyat Bali," ujar I Nyoman Giri.

Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata, Esthy Reko Astuty menyambut baik niat Bupati Badung untuk menyelenggarakan Festival Bahari di Kabupaten Badung. Menurut Esthy, pihak Kementerian Pariwisata akan mendukung Bupati Badung menyelenggarakan Festival Bahari sesuai dengan arahan dan komitmen Presiden Jokowi.

"Mudah-mudahan untuk Festival Bahari yang pertama ini bisa kita buat format (festival) dengan baik," jelas Esthy.

Kabupaten Badung Bali memiliki program-program promosi wisata berbentuk festival yang telah dilakukan seperti Nusa Dua Fiesta, Legian Beach Festival, Bali Beyond & Travel Fair, dan Festival Budaya Pertanian. Ragam acara tersebut, diharapkan dapat menarik kunjungan wisatawan ke Kabupaten Badung.

Festival Bahari di Bali juga akan meramaikan sederet agenda serupa di Indonesia. Adapun penyelenggaraan festival bahari yang telah dilaksanakan seperti Festival Bahari Raja Ampat di Papua, Festival bahari Alor dan Adventure Indonesia di Nusa Tenggara Timur, Festival Bahari Nuhanera di Lembata, Nusa Tenggara Timur, Festival Bahari Teluk Tanah Merah di Jayapura, dan Festival Budaya Bahari Wakatobi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com