Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/08/2016, 05:03 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 132.024 wisatawan Indonesia berkunjung ke Korea Selatan selama semester pertama tahun 2016. Jumlah tersebut terbilang meningkat cukup signifikan dibandingkan semester pertama pada tahun 2015.

Menurut data Statistik Pariwisata Korea yang dikeluarkan oleh Korea Tourism Organization (KTO), jumlah wisatawan Indonesia meningkat sekitar 37,5 persen. Sebelumnya pada semester pertama tahun 2015, jumlah kunjungan wisatawan Indonesia sebanyak 95.988 kunjungan.

Menurut pihak KTO yang dikutip dari siaran pers yang diterima KompasTravel, peningkatan tersebut karena beberapa aspek seperti tak terjadi bencana alam yakni MERS, perubahan destinasi wisata ke negara-negara Asia yang lebih aman karena kasus-kasus terorisme yang sering terjadi di beberapa negara Eropa.

Selain itu, peningkatan tersebut terjadi karena pengaruh Hallyu (Korean Wave) yang kembali melanda negara-negara Asia Tenggara seperti drama Descendants of the Sun dan drama Korea lainnya.

“Drama Descendants of the Sun sudah mulai ditayangkan di salah satu stasiun televisi nasional di Indonesia. Dan mulai bulan Agustus sampai bulan September nanti video promosi pariwisata Korea yang dibintangi oleh Song Joong Ki akan sering muncul di beberapa stasiun televisi di Indonesia. Hal tersebut diharapkan dapat semakin menarik minat wisatawan Indonesia untuk berkunjung ke Korea,” kata Direktur KTO Jakarta, OH Hyonjae dalam siaran pers.

Selain itu, wisatawan dari enam negara utama di Asia Tenggara yang berkunjung ke Korea  juga mengalami peningkatan di semester pertama tahun 2016. Peningkatan terjadi sekitar 30 persen jika dibandingkan dengan semester pertama di tahun 2015.

Jika diurutkan sesuai peningkatan wisatawannya, Vietnam mengalami peningkatan sekitar 40,2  persen, Indonesia sekitar 37,5 persen, Filipina 26,3 persen, Singapura, 24.5 persen, dan Thailand 13.8 persen, dan Malaysia sekitar 29 persen. Data statistik pariwisata Korea menyebutkan tahun 2016 wisatawan Vietnam berjumlah 112.539 kunjungan, Malaysia 137.609 kunjungan, Filipina 252.572 kunjungan, Singapura 94.165 kunjungan, dan Thailand 248.397 kunjungan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com