Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Bedanya Nasi Pauh dengan Nasi Padang?

Kompas.com - 04/08/2016, 06:03 WIB
Yosia Margaretta

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sumatera Barat memang terkenal dengan kulinernya yang digemari banyak orang. Rumah Makan Padang dengan mudah ditemukan di berbagai daerah di Indonesia, bahkan di luar negeri.

Namun kuliner khas Sumatera Barat tidak hanya sebatas itu saja. Anda tidak akan menemukan rumah makan Padang di daerah Sumatera Barat seperti yang ada di Jakarta, melainkan rumah makan yang memiliki spesifikasi.

Setiap daerah memiliki ragam kuliner masing-masing. Oleh karena itu, di sana Anda akan menemukan rumah makan yang memiliki spesifikasi tertentu, misalnya dendeng atau gulai.

"Setiap rumah makan punya spesifikasi masing-masing karena kemampuan setiap daerah berbeda," ujar Reno Andam Suri, penulis buku Rendang Traveler saat dihubungi KompasTravel belum lama ini.

Salah satu keragaman kuliner Sumatera Barat adalah Nasi Pauh. Nasi Pauh merupakan sajian khas Minang yang memiliki spesifikasi sendiri. Nasi Pauh biasanya mengandalkan gulai ikan. Sedangkan penamaan Pauh berasal dari nama kecamatan yang ada di Pariaman, Sumatera Barat. Oleh karena itu, nama Pauh sering disandingkan dengan Pariaman.

KOMPAS.COM/YOSIA MARGARETTA Merupakan salah satu menu dari Kedai Nasi Pauh Piaman

Apabila di sajian Nasi Padang Anda bisa menjumpai rendang, di sajian Nasi Pauh Anda tidak akan menemukan rendang. Hidangan yang Anda temui di Nasi Pauh adalah Gulai Ikan atau Daging Kalio.

Kalio merupakan proses memasak yang dimulai dari gulai lalu menjadi kalio. Selain itu Anda juga bisa saja menemukan gulai ayam di sajian Nasi Pauh.

"Nggak ada rendang gitu karena mereka spesifikasi gulai," ujar Nusyirwan Effendi, Antropolog Universitas Andalas saat diwawancara KompasTravel, Senin (1/8/2016).

Untuk penyajian, Nasi Pauh memiliki cara yang hampir sama dengan Nasi Padang. Tamu akan disajikan berbagai menu yang mereka miliki dan disusun di atas meja makan. Namun apabila biasanya Nasi Padang menyajikan rendang, dendeng balado dan lainnya, di kedai Nasi Pauh yang disajikan adalah aneka macam gulai terutama Gulai Ikan.

"Kalau ada orang ngomong mau makan Nasi Pauh, pasti kita tahunya ya makan gulai ikan," ujar Nusyirwan.

Nusyirwan mengungkapkan bahwa Kedai Nasi Pauh Piaman merupakan pelopor Nasi Pauh yang didirikan pertama kali di Bukittinggi. Namun akhirnya di daerah Pariaman sendiri berkembang banyak rumah makan yang menamakan Nasi Pauh dengan spesifikasi gulai ikan. Oleh karena itu saat ini Nasi Pauh dikenal dengan aneka gulainya terutama gulai ikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com