Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warung Kaki Lima di Singapura Dapat Bintang Michelin

Kompas.com - 07/08/2016, 14:12 WIB
Yosia Margaretta

Penulis

SINGAPURA, KOMPAS.com - Mungkin sekarang Singapura adalah pilihan yang tepat untuk Anda melakukan wisata kuliner.

Saat ini Singapura merupakan tempat pertama di dunia yang diberikan peringkat oleh Michelin Guide untuk makanan sekelas 8 Euro atau sekitar Rp 117.000. Michelin Guide merupakan buku panduan untuk wisatawan mendapatkan restoran-restoran terbaik di dunia. Tempat makan dinilai dengan pemberian Michelin Star.

Seperti dikutip dari Lonely Planet, untuk pertama kalinya, Michelin Guide memberikan peringkat kepada warung makandalam seremoni pada akhir Juli lalu. Dibandingkan dengan panduan Michelin yang menuliskan nama restoran kelas atas, kedua warung makan ini mampu bersaing dengan restoran lainnya di Singapura. Dua restoran tersebut adalah Tai Hwa Pork Noodle dan Hongkong Soya Sauce Chicken Rice & Noodle.

Dari 30 restoran yang mendapatkan rekomendasi dari Michelin Guide, hanya satu restoran yang mendapatkan bintang 3 yaitu Joël Robuchon Restaurant di Resorts World Sentosa. Selain itu 2 resoran milik Robuchon lainnya juga mendapatkan 2 bintang Michelin.

Robuchon menjadi chef dengan perolehan bintang Michelin terbanyak di dunia. L’Atelier de Joel Robuchon, restoran milik Robuchon lainnya di Singapura juga memperoleh bintang dua.

“Kuliner di Singapura begitu dinamis, tidak hanya bagi Asia, tetapi juga dunia. Mulai dari pedagang kaki lima sampai restoran kelas dunia dan tempat makan di antara ini, Singapura jelas sudah memposisikan dirinya sebagai ibu kota gastronomi yang sesungguhnya," kata Michael Ellis, International Director Michelin Guides, kepada Straits Times.

Untuk restoran bintang tiga sekelas Joël Robuchon Restaurant, Anda perlu mengeluarkan 240 Euro atau sebesar Rp 3,5 juta. Di harga tersebut Anda bisa mendapatkan 7 hidangan. Sedangkan di bintang satu seperti Hwa Pork Noodle hanya sekitar Rp 117.000 walaupun memang Anda harus mengantre sekitar 45 menit.

Singapura dikatakan sebagai tempat jajanan yang beragam. Di sebuah tempat terbuka, akan ada deretan warung makanan yang menjajakan makanan lokal. Namun bukanlah makanan lokal yang sama, melainkan banyak sekali pilihan makanan lokal yang bisa Anda dapatkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com