Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terumbu Karang di Buton Tak Kalah Indah dengan Wakatobi

Kompas.com - 09/08/2016, 12:06 WIB
Defriatno Neke

Penulis

BUTON, KOMPAS.com - Buton merupakan daerah kepulauan yang indah. Betapa tidak, selain mempunyai banyak pantai yang indah, Pulau Buton juga mempunyai banyak spot diving yang indah dan masih tersembunyi.

Salah satunya seperti di laut Teluk Pasarwajo, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara. Di Teluk Pasarwajo ini, terdapat salah satu spot diving yang indah, yakni panjangnya gugusan batu karang yang mempunyai palung yang dalam.

Ya, spot diving di Teluk Pasarwajo, dari Kelurahan Lingge-Lingge hingga Desa Wagola, tidak kalah menariknya dengan gugusan batu karang yang ada di Wakatobi maupun di Bunaken, Sulawesi Utara.

Menurut seorang Peneliti Dinas Kelautan dan Perikanan Pemerintah Kota Buton, La Ila SPi MSi, laut di Buton mempunyai sekitar 10 spot diving salah satunya di Teluk Pasarwajo.

KOMPAS.com/DEFRIATNO NEKE Terumbu karang di Pulau Buton, Sulawesi Tenggara, tak kalah menarik dengan Wakatobi. Laut Teluk Pasarwajo, Kabupaten Buton ini mempunyai 10 spot diving yang indah. Terlihat terumbu karang yang masih terawat baik dipenuhi dengan berbagai jenis ikan.
Menurut La Ila, di teluk ini selain mempunyai terumbu karang yang baik, juga terdapat keanekaragaman hayati yang tinggi.

“Kalau dulu orang-orang menyelam mencari terumbu karang yang luas, tapi sekarang yang dicari bukan terumbu karang panjang namun yang dicari adalah tingginya keanekaragaman hayati yang unik seperti yang ada di laut sini,” kata Ila, Senin (8/8/2016).

Ia memaparkan, untuk menyelam di Teluk Pasarwajo, tepatnya di Desa Wagola, terdapat ikan mandarin fish yang sangat jinak. Bahkan ketika didekati saja, ikan tersebut tidak akan lari seperti jenis ikan lainnya.

“Ikan mandarin fish sangat baik difoto. Ikannya tidak lari, Banyak penyelam untuk memotret ikan ini sangat susah karena liarnya, tapi kalau di sini, sangat mudah difoto karena ikannya jinak. Ini uniknya ikan mandarin fish di sini,” ujarnya.

Selain terdapat ikan mandarin fish, di Teluk Pasarwajo juga terdapat jenis ikan lain seperti ikan nemo, ikan korapu, dan jenis ikan batu lainnya. Teluk Pasarwajo mempunyai air laut yang bersih dan bening sehingga dari atas perahu bisa kelihatan terumbu karang yang indah.

KOMPAS.com/DEFRIATNO NEKE Jenis ikan Mandarin Fish yang berada di laut Teluk Pasarwajo, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara. Ikan ini sangat jinak bila didekati.
Seorang penyelam dari Kota Bogor, Jawa Barat, Musbakri Ahmad, mengatakan,terumbu karang yang ada di Pulau Buton ini merupakan saah satu spot yang baik. Selain itu spot di laut Teluk Pasarwajo banyak dijumpai biota yang unik.

“Saya rasa di sini seperti mutiara yang tersembunyi dan belum banyak dikenal. Diving di teluk sini tidak kalah menariknya seperti diving di Wakatobi. Di sini banyak biota unik. Saya suka diving di sini,” ucap Musbakri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com