Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Destinasi Wisata Sepanjang Gilimanuk-Denpasar yang Layak Disinggahi

Kompas.com - 09/08/2016, 15:03 WIB
Kontributor Denpasar, Sri Lestari

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com - Perjalanan Gilimanuk menuju Denpasar yang melalui jalur darat dengan jarak sekitar 130 kilometer ini tidak akan merasa bosan dan jenuh juga bisa singgah dan istirahat di beberapa destinasi wisata yang dilalui.

Lokasi destinasi wisata ini terletak di pinggir jalan yang setiap harinya dijadikan lokasi istirahat atau rest area bagi pengguna kendaraan pribadi baik motor maupun mobil dan juga kendaraan travel. Berikut 4 destinasi wisata yang layak Anda singgahi.

1. Obyek Wisata Teluk Gilimanuk

Lokasinya berada tepat depan Pelabuhan Gilimanuk dan bersebelahan dengan Terminal Gilimanuk. Lokasi ini berupa taman dengan beberapa bale bengong atau bangunan kecil di pinggir pantai yang digunakan untuk istirahat bagi pengunjung.

Masuk ke lokasi ini gratis sehingga cukup banyak yang datang baik warga lokal maupun wisatawan yang istirahat sebelum melalukan perjalanan jauh.

Di Pantai Teluk Gilimanuk juga disediakan perahu motor untuk keliling teluk dengan panorama yang indah.

"Istirahat sebentar, kami mau ke Denpasar ada keperluan sekaligus rekreasi. Kasihan anak-anak masih kecil-kecil, capek di perjalanan, dari beberapa jam di dalam mobil," kata wisatawan asal Surabaya, Anwar, Selasa (9/8/2016).

KOMPAS.com/SRI LESTARI Monumen Operasi Lintas Laut Bali-Jawa, Jembrana, Bali.
2. Monumen Operasi Lintas Laut Jawa-Bali

Monumen ini terletak di titik 126 kilometer dari Kota Denpasar yang masih di kawasan Kabupaten Jembrana. Terlihat, monumen ini memang tidak banyak yang singgah, hanya beberapa motor dan mobil tapi masih sangat jarang.

Sebenarnya lokasi ini cukup memiliki halaman sehingga bisa menarik minat wisatawan yang menggunakan kendaraan untuk mampir.

Monumen ini memang sedikit bernuansa cerah karena terlihat cat merah dan putih mendominasi sehingga terlihat mentereng. Apalagi dipasang spanduk warna merah dan putih yang bertuliskan "Selamat Datang di Monumen Operasi Lintas Laut Jawa-Bali".

KOMPAS.com/SRI LESTARI Pintu gerbang Taman Nasional Bali Barat, Jembrana, Bali.
3. Taman Nasional Bali Barat

Taman Nasional Bali Barat masuk wilayah Kabupaten Jembrana dengan panjang jalan tempuh sekitar 8 kilometer dari titik 126 kilometer hingga titik 118 kilometer dari Kota Denpasar. Dengan nuansa hutan yang rindang memang cukup layak untuk dijadikan tempat istirahat tapi hanya di pinggir jalan saja.

Hutan Bali Barat dihuni Jalak Bali yang menjadi ikon Bali dan juga hewan kera. Untuk itu, diharapkan hati-hati jika akan istirahat di tempat ini.

Sepanjang jalan yang masuk wilayah hutan Bali Barat tidak menyeramkan karena banyak kendaraan yang lalu lelang dan terang. Tapi memang yang diwaspadai adalah banyaknya kera yang sering keluar hutan dan diam di pinggir jalan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com