Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Festival Danau Kelimutu Kembali Digelar

Kompas.com - 11/08/2016, 07:41 WIB
Garry Andrew Lotulung

Penulis

ENDE, KOMPAS.com - Festival Danau Kelimutu yang digelar Pemda Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur dan didukung Kementerian Pariwisata berlangsung selama sepekan, Rabu-Minggu, 10-14 Agustus 2016. Acara Festival Danau Kelimutu dipusatkan di lapangan Koni dan kawasan Taman Nasional Kelimutu, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur.

"Dengan dimulainya acara sepekan Expo Kelimutu diharapkan dapat memajukan sektor pariwisata di Kabupaten Ende dan event ini juga dapat menarik perhatian wisatawan berkunjung ke Ende. Semakin dilestarikan wisata budaya akan semakin disejahterakan masyarakat Ende," ujar Kepala Biro Hukum dan Komunikasi Publik Kementerian Pariwisata M Iqbal Alamsjah, dalam pembukaan Festival Danau Kelimutu 2016, Ende, Nusa Tenggara Timur, Rabu (10/8/2016).

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Ende Marselinus Y W Petu mengatakan Ende sebagai destinasi yang wajib dikunjungi karena memiliki keajaiban dunia yaitu Danau Kelimutu. Selain itu, menurutnya Kabupaten Ende memiliki situs budaya sejarah sehingga harus menjadi tempat eksistensi untuk menjaga kebudayaan jejak historis.

Dalam sambutannya, Marselinus mengharapkan agar acara tahun ke depan harus lebih diekspos supaya bisa dinikmat wisatawan mancanegara.

Festival Danau Kelimutu merupakan event tahunan yang telah berlangsung lima kali. Sejumlah agenda festival menampilkan perlombaan budaya tari, lomba naro, parade karnaval budaya nusantara, lomba trekking menuju Kelimutu, pameran UKM dan kerajinan, serta ritual Pati Ka Du'a Bapu Ata Mata sebagai penutupan acara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com