Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Genjot Kunjungan Wisatawan, Kota Malang Kembangkan Wisata Halal

Kompas.com - 11/08/2016, 16:18 WIB
Andi Hartik

Penulis

MALANG, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Malang, Jawa Timur akan mengembangkan wisata halal. Diharapkan, dengan berkembangnya wisata halal nanti jumlah wisatawan mancanegara yang masuk ke bumi Arema meningkat.

Wakil Wali Kota Malang Sutiaji mengatakan, pada bulan ini tim dari Kementerian Pariwisata sudah melakukan penilaian untuk memverifikasi wisata halal di Kota Malang. Pada September nanti, Kota Malang bisa mendapatkan reward sebagai kota dengan wisata halal.

"Hari ini sudah ada tim dari Kementerian Pariwisata. Rencananya pada September nanti ada reward," katanya saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (11/8/2016).

Menurut Sutiaji, wisata halal yang dimaksud adalah wisata yang menyediakan destinasi yang aman dan safety. "Halal ini bukan miliknya umat Islam saja. Halal dalam artian di sini aman dan safety. Kalau halal dan aman, higienitas terjaga," ungkapnya.

Sementara itu, untuk menjadi wisata halal, Kota Malang harus memiliki sejumlah destinasi yang halal dan aman. Seperti mal yang halal, pasar yang halal, restoran dan hotel yang halal.

Sudah ada sejumlah restoran dan hotel yang mendaftar menjadi wisata halal. Salah satunya adalah Hotel Pelangi, Hotel Kalpataru dan Hotel Tugu.

Ada sejumlah wisatawan mancanegara yang diincar dalam pembentukan wisata halal tersebut. Seperti wisatawan asal Malaysia, negara-negara di Eropa, Amerika dan Afrika.

Sutiaji yakin adanya wisata halal di Kota Malang bisa meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara. "Saya melihat seperti di Malaysia, Jepang yang juga mengembangkan wisata halal, kunjungan wisatawan meningkat 200 persen," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com