Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hingga Akhir Tahun, Banten Gelar Tiga Agenda Wisata

Kompas.com - 12/08/2016, 09:06 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Banten akan menyelenggarakan tiga festival wisata hingga akhir tahun 2016. Tiga festival tersebut akan diselenggarakan berseri di bulan November.

"Kalau sekarang tahun 2016, ada Festival Tanjung Lesung, Banten Beach Festival, dan Gebyar Wisata Banten. Tiga festival itu untuk tahun ini," kata Kepala Seksi Promosi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Banten, Dewi Utari kepada KompasTravel setelah acara jumpa pers PATA Travel Mart di Balairung Soesilo Soedarman Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata, Jakarta, Kamis (11/8/2016).

Menurut Dewi, tiga festival tersebut merupakan agenda tahunan yang telah masuk ke dalam program utama Kementerian Pariwisata. Ia menjelaskan, penyelenggaraan tiga festival tersebut dimulai dengan Gebyar Wisata Banten dan diakhiri dengan Banten Beach Festival.

"Banten Beach Festival itu ada di bulan November. Memang tahun ini menumpuk di bulan November. Kemungkinan (Banten Beach Festival) akan ada di akhir November, Gebyar Wisata Banten itu akan di minggu pertama, dan Festival Tanjung Lesung akan di minggu kedua," lanjutnya.

Festival Tanjung Lesung akan menampilkan lomba perahu jukung, jukung hias, dan lomba tarik tambang antar jukung. Selain itu, menurut Dewi, di Festival Tanjung Lesung direncanakan juga turut diramaikan oleh perahu-perahu layar yang tergabung di Sail Regata.

"Kegiatannya akan dipusatkan di daerah Citereup (Panimbang), Cipanon (Panimbang), Cikadu (Tanjung Lesung). Itu daerah penyangga Tanjung Lesung," tambahnya.

KOMPAS/RIZA FATHONI Kerbau melintas di samping jalan raya menuju Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung, Pandeglang, Banten.
Sementara, menurut Dewi, Gebyar Wisata Banten adalah tempat untuk mempromosikan acara-acara yang diselenggarakan di Banten. Ia melanjutkan, Gebyar Wisata Banten akan menjadi tempat penyelenggaraan pre-event.

Sebelumnya, Festival Tanjung Lesung tahun lalu diselenggarakan pada tanggal 30-31 Oktober 2015. Tahun lalu, penyelenggara menampilkan perlombaan baru di dunia yakni "Bagan Race" atau balap perahu menyusuri pantai di kawasan Tanjung Lesung, Kabupaten Pandeglang.

Untuk tahun lalu, Pemerintah Banten juga telah menyelenggarakan acara Gebyar Wisata Banten yang berisi Launching Banten Mice Forum (BMF) dan Indonesian Mice Outlook (IMO) atau forum pengelola industri pertemuan, insentif, konvensi, dan pameran se-Banten.

Gebyar Wisata Banten bertujuan untuk meningkatkan daya tarik dan minat kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara, selain itu sebagai ajang untuk mempromosikan obyek wisata budaya dan pariwisata Banten.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com