Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/08/2016, 20:31 WIB

Tim Redaksi

MANADO, KOMPAS.com - Tomohon merupakan salah satu kota yang selalu dituju oleh para pejalan jika sedang berada di Sulawesi Utara. Kota yang berada di ketinggian ini menawarkan hawa sejuk dibandingkan dengan Manado.

KompasTravel mencoba merangkum 7 alasan anda harus mengunjungi Tomohon. Berikut catatatannya.

1. Gunung Berapi

Kota Tomohon diapit oleh dua gunung berapi, gunung api Lokon yang terus aktif dan gunung api Mahawu yang sudah tidak erupsi. Lokon bahkan menjadi ikon kota Tomohon dengan kawah Tompaluan-nya yang terus mengeluarkan asap.

Kompas.com/Ronny Adolof Buol Kawah Gunung Api Mahawu di Tomohon, di sebelah kanan terlihat Gunung Api Lokon dan di kejauhan kiri terlihat pulau Manado Tua.
Sesekali, Lokon erupsi melontarkan material vulkanik. Tetapi justru karena material vulkanik itulah Tomohon dianugerahi dengan tanah yang subur. Bagi pejalan yang mempunyai hobi mendaki gunung, Lokon dapat didaki hingga mendekati bibir kawah, asal dalam status tidak berbahaya.

Sementara Mahawu, sangat aman didaki. Pengelola kawasan hutan lindung Mahawu, bahkan telah membuat tangga hingga ke bibir kawah Mahawu.

Dari kedua gunung ini, pemandangan indah kota Tomohon dapat dinikmati. Bahkan jika berada di Mahawu, teluk Manado dan pulau-pulaunya terlihat dengan sangat jelas. Di Mahawu, masih terdapat berbagai jenis burung endemik Sulawesi.

2. Kota Bunga

Kota Tomohon dikenal pula sebagai salah satu kota penghasil bunga terbesar di Indonesia. Sebagian warga Tomohon, menggantungkan penghasilan mereka dari bertanam bunga.

Kompas.com/Ronny Adolof Buol Salah satu kenderaan hias dari bahan bunga saat mengikuti Festival Bunga Tomohon pada tahun 2015.
Pejalan dapat menjumpai berbagai jenis bunga segar yang dijual di warung-warung di tepi jalan Kota Tomohon. Dan dapat pula mengunjungi lahan tanaman bunga di kaki gunung Tomohon. Karena produksi bunganya yang sangat banyak, pemerintah Kota Tomohon menggelar Festival Bunga setiap bulan Agustus.

Festival yang juga diikuti perwakilan dari berbagai daerah dan negara lain itu, selalu dipadati puluhan ribu pengunjung. Parade kendaraan hias dari bunga menjadi atraksi utama saat festival bunga digelar.

Namun berbagai atraksi lain seperti fashion flower carnaval juga disajikan. Pameran tanaman bunga menjadi agenda pula dalam festival itu.

Kompas.com/Ronny Adolof Buol Salah satu peserta fashion flower carnaval saat Festival Bunga Tomohon, Agustus 2016.
3. Senyum Manis

Pergi ke Tomohon adalah garansi mendapatkan senyuman dan keramahan khas orang Minahasa. Warga Tomohon ramah menyambut siapa pun tamu yang datang.

Keramahan orang Tomohon sejalan dengan budaya 'mapalus' atau gotong royong mereka.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com