Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

80 Maskapai Paling Dicintai di Dunia, Garuda Indonesia Juaranya

Kompas.com - 13/08/2016, 20:10 WIB
Yosia Margaretta

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Konsultan yang rutin menganalisa ulasan dan peringkat maskapai, Skytrax, baru-baru ini mengumumkan 80 maskapai penerbangan yang paling dicintai di dunia.

Penilaian tersebut dinilai berdasarkan ulasan para penumpang yang naik maskapai tersebut Penilaian terdiri dari delapan kategori antara lain kenyamanan kursi, layanan pesawat, makanan dan minuman, hiburan di pesawat, kenyamanan saat penerbangan, WiFi, serta harga yang ditawarkan. Para penumpang pesawat kemudian memberikan rating dengan angka dari satu sampai sepuluh, sesuai dengan kepuasan mereka.

Seperti yang tertulis dalam situs Skytrax di airlinequality.com, 11 dari 15 posisi teratas didominasi oleh maskapai asal Asia. Hebatnya, Garuda Indonesia menduduki peringkat pertama dengan tingkat kepuasan 85 persen. Disusul oleh Asiana Airlines (Korsel) dengan tingkat kepuasan sebesar 83 persen dan EVA Air (Taiwan) sebesar 81 persen.

Sebenarnya, maskapai domestik India yakni Vistara merupakan penerbangan yang paling dicintai dengan perolehan tingkat kepuasan 86%. Namun karena jumlah ulasan yang mereka dapatkan kurang dari 50 ulasan, Vistara tidak bisa masuk di dalam daftar tersebut.

Untuk maskapai Eropa, Aegean Airlines (Yunani) masuk dalam peringkat empat dengan tingkat kepuasan sebesar 80,7 persen. Lufthansa (Jerman) dan Aer Lingus (Irlandia) menempati posisi 16 dan 17 dengan skor 71,02 persen dan 70,94 persen.

Tiga maskapai besar dari Timur Tengah yakni Qatar Airways, Emirates dan Etihad Airways juga masuk daftar penerbangan yang paling dicintai. Salah satunya Qatar Airways yang memimpin pada peringkat 12 dengan skor ulasan 75,16 persen. Sedangkan Emirates mendapat tingkat kepuasan sebesar 62,82 persen dan Etihad Airways 48,91 persen.

Virgin America (AS) masuk dalam peringkat 15 dengan tingkat kepuasan 71,78 persen. Sedangkan Alaskan mengapatkan tingkat kepuasan 70,4 persen dan JetBlue Airways (AS) mendapatkan 69,2 persen.

Maskapai dengan skor terendah ditempati oleh Spirit Airlines, ultra low cost carrier asal AS  dengan perolehan 29,68 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com