Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Tiga Titik Pengibaran Bendera Merah Putih di Gunung Semeru

Kompas.com - 14/08/2016, 22:04 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pihak Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru menegaskan titik-titik pengibaran bendera saat 17 Agustus 2016 hanya berada di tiga lokasi. Titik-titik tersebut tak termasuk di Puncak Gunung Mahameru.

"Ya biasa seperti tahun sebelumnya. Upacara bendera di Ranupane, Ranu Kumbolo, dan di Kalimati," kata Kepala Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, John Keneddy saat dihubungi KompasTravel, Kamis (12/8/2016).

Ia menyebutkan, pihak Taman Nasional Bromo Tengger Semeru akan mengkoordinasi dan memimpin kegiatan pengibaran bendera di tiga tersebut.

"Pendaki umum diperbolehkan ikut serta sebagai peserta upacara," jelas John.

Selain tiga titik pengibaran tersebut, pihak Taman Nasional Bromo Tengger Semeru juga masih mempertimbangkan satu tempat lain yakni di area padang pasir Gunung Bromo. Namun, ia masih melihat situasi perkembangan Gunung Bromo yang masih fluktuatif.

Hingga saat ini, John mengatakan masih belum menerima data jumlah pendaki yang akan mengikuti upacara pengibaran bendera di tiga titik tersebut.

Pendakian Gunung Semeru bisa dimulai di Desa Ranu Pani, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Jarak Ranu Pani-Ranu Kumbolo sekitar 10,5 kilometer. Di jalur ini kondisi medan relatif landai, tetapi sedikit naik turun.

Gunung Semeru bisa didaki hingga Pos Kalimati selama 8-10 jam. Namun, pihak Taman Nasional Gunung Bromo Tengger Semeru menghimbau pendaki tak mendaki melebihi Pos Kalimati.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com