Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Pasar Loak, Buku Masakan Indonesia Ini Dihargai Rp 2,5 Juta

Kompas.com - 15/08/2016, 19:30 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Siapa sangka jika buku resep masakan Indonesia terbitan tahun 1967, berjudul Mustika Rasa bisa begitu mahal harganya. Di pasar loak, menurut sejarawan JJ Rizal, harga buku Mustika Rasa terbitan pertama kini mencapai Rp 2,5 juta.

"Tiga tahun lalu buku itu berharga Rp 1.200.000. Kalau sekarang pasaran bisa mencapai dua sampai tiga juta rupiah," kata JJ Rizal di acara peluncuran kembali buku Mustika Rasa di Kedai Tjikini, Jakarta, Minggu (14/8/2016).

(BACA: "Mustika Rasa", Cara Soekarno Mewujudkan Kebinekaan lewat Kuliner)

Buku Mustika Rasa ini memang buku istimewa. Tercatat sebagai satu-satunya buku dokumentasi masakan di Indonesia yang dibuat oleh negara Republik Indonesia, tepatnya pada zaman pemerintahan Soekarno.

Kala itu Soekarno meminta istrinya, Hartini untuk merangkum buku tersebut. Dikumpulkanlah pamong praja desa sampai ahli gizi untuk menyusun segala dokumentasi mengenai masakan Indonesia. Hingga akhirnya tahun 1967 buku tersebut diterbitkan secara terburu-buru di akhir masa jabatan Soekarno sebagai Presiden RI.

"Buku ini tampil dengan keunikan zamannya sendiri, zaman Soekarno. Soekarno terkenal akan Panca Azimat Revolusi, tetapi tak banyak yang tahu kalau Soekarno punya mustika, yaitu buku Mustika Rasa," kata Rizal.

(BACA: Mustika Rasa, "Kitab" Kuliner Indonesia Warisan Soekarno Terbit Kembali)

Saat ini Rizal bersama Komunitas Bambu merilis kembari buku yang memiliki 1.123 halaman tersebut. Hanya ada 800 eksemplar buku yang dicetak.

Rizal sebenarnya telah memiliki buku Mustika Rasa cetakan pertama sejak zaman kuliah. "Sejak dapat tahun 90-an itu saya diamin saja, saya yakin suatu saat pasti ada gunanya. Waktu saya baca ini saya bingung ada buku begini. Buku masak kenapa ada speech (pidato) banyak sekali. Bahan masakan, sampul segalanya aneh. Saya terbius, terpesona, tapi tak pernah membayangkan akan menerbitkan," kata Rizal.

Hingga akhirnya ketika ia menulis tentang Soekarno, Rizal sadar jika buku ini adalah warisan Soekarno yang berharga. "Saya pikir seorang ibu akan menemukan memorinya kembali tentang dunia dapur yang hilang, kekayaan kuliner Indonesia kita yang lenyap, resep yang hanya kita temui di masa lalu," katanya.

Melalui buku ini, Rizal ingin mengingatkan jika kuliner Indonesia dianggap sangat serius oleh negara di zaman Soekarno sampai kini. 

Buku Mustika Rasa terbitan tahun 2016 dijual di Kedai Tjikini di Jalan Cikini Raya Nomor 17, Jakarta Pusat seharga Rp 400.000. Hal yang membedakan buku Mustika Rasa terbitan 1967 dengan tahun 2016 terletak pada ejaan bahasa Indonesia. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com