Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ketiga Jelajah Sepeda Flores-Timor, Peserta Kembali Dihajar Tanjakan

Kompas.com - 16/08/2016, 19:12 WIB
Rakhmat Nur Hakim

Penulis

ENDE, KOMPAS.com - Para peserta Jelajah Sepeda Flores-Timor yang diselenggarakan Harian Kompas kembali dihajar tanjakan sebelum menuju menuju Danau Kelimutu. Selasa (16/8/2016) pagi dari Ende mereka menempuh jarak sejauh 65 km ke Kelimutu.

Meski hanya sejauh 65 km, peserta harus menyiapkan tenaga ekstra sebab jalanan menuju Kelimutu amat terjal. Rencananya, rombongan akan melakukan upacara bendera memperingati HUT ke-71 RI, Rabu (17/8/2016) pagi.

Road Captain Jelajah Sepeda Flores-Timor Marta Mufreni mengingatkan para peserta untuk mengatur tenaga dengan baik. Alasannya sepanjang 65 km nanti sama sekali tak ada jalanan menurun.

"Karena jalannya menanjak terus, ya dinikmati saja, jangan boros tenaga dan jangan lupa menikmati pemandangan sepanjang jalan," ujar Marta saat memimpin start.

Jelajah Sepeda Flores-Timor yang digelar Harian Kompas, 13-23 Agustus 2016 dimulai dari Labuan Bajo di ujung barat Flores, dan berakhir di Motaain, Kabupaten Belu (Timor), perbatasan RI-Timor Leste.

Perjalanan bersepeda jarak jauh ini merupakan bagian dari komitmen Kompas untuk mempromosikan Flores dan Timor, serta Nusa Tenggara Timur pada umumnya guna meningkatkan kunjungan wisatawan dan investasi.

Liputan itu tidak semata-mata memuat tentang perjalanan bersepeda, tetapi juga potensi, terutama ekonomi dan sosial budaya serta problematikanya yang ada di Flores dan Timor. Liputan serupa juga akan dilakukan KompasTV, majalah National Geographic, Kompas.com, radio Sonora, dan harian Pos Kupang, serta sejumlah media lain di bawah payung Kompas Gramedia.

Jelajah sepeda dilakukan harian Kompas sejak tahun 2008. Saat itu menempuh rute Anyer-Panaroekan. Setelah itu Surabaya-Jakarta (2010), Jakarta-Palembang (2011), Bali-Komodo (2012), Sabang-Padang (2013), Manado-Makassar (2014), Banjarmasin-Balikpapan (Mei 2015), dan Jelajah Sepeda Papua (Juni 2015).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com