Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HUT RI, Warung Ini Berikan Soto Ayam Gratis

Kompas.com - 16/08/2016, 22:15 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Di berbagai penjuru Indonesia, masyarakat merayakan gegap gempita Hari Kemerdekaan dengan berbagai cara. Ada yang mengibarkan bendera Merah Putih di segala tempat, melakukan panjat pinang, atau lomba-lomba lain.

Di Depok, sebuah tempat makan memiliki cara merayakan HUT Republik Indonesia dengan cara memberikan makanan berupa soto ayam gratis tepat pada tanggal 17 Agustus 2016.  Adalah Rumah Makan Soto Kauman Express yang memberikan semangkuk soto ayam kepada pengunjung yang datang pada 17 Agustus 2016 dengan tajuk "Makan Soto Bayar Pake KTP".

"Progam ini untuk memeriahkan HUT RI. Kalau zaman dulu kan pahlawan berkorban dengan dengan nyawa, nah saya sebagai tukang soto berkorban dengan soto," kata pemilik Rumah Makan Soto Kauman Express, Ubaidillah saat dihubungi KompasTravel, Selasa (16/8/2016).

(BACA: Kisah di Balik Makan Soto Bayar dengan Doa)

Pengunjung bisa mendapatkan semangkuk soto ayam hanya dengan menunjukkan Kartu Identitas Penduduk (KTP). Ubaidillah mengatakan, program ini berlaku untuk seluruh penduduk Indonesia.

"Waktu HUT Depok sudah (pernah) tapi khusus KTP Depok. Kalau HUT RI baru kali ini. Program ini pun pertama dan satu-satunya di Indonesia. Saya harap jadi inspirasi juga buat usaha-usaha lainnya," jelasnya.

KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Pengunjung menyerahkan secarik kertas Kartu Doa sebagai alat pembayaran menu berbuka puasa kepada pelayan Soto Kauman Express, Sawangan, Depok, Rabu (8/6/2016). Kartu Doa adalah alat pembayaran dalam program "Buka Puasa Bayar Pake Doa".
Program "Makan Soto Bayar Pake KTP" berlaku mulai pukul 10.00 - 21.00 WIB. Dalam program ini, Rumah Soto Kauman Express menyediakan 710 porsi soto ayam gratis untuk pengunjung.

Selain mendapatkan soto ayam gratis, pengunjung juga bisa mendapat kripik singkong. Keripik singkong tersedia untuk 100 pengunjung pertama program "Makan Soto Bayar Pake KTP".

Selain program ini, Soto Kauman Express juga pernah memberikan soto gratis dalam program "Makan Soto Bayar Pake Doa". Program itu berlaku pada saat berbuka puasa di bulan Ramadhan.

Soto Kauman Express beralamat di Jalan Muchtar Nomor 8A, Kelurahan Sawangan, Kecamatan Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat. Program Buka Puasa Bayar Pake Doa ini berlaku saat waktu berbuka puasa, yakni pukul 18.00 - 18.30 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com