Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketika Limbah Makanan Pesawat Disumbangkan untuk Amal

Kompas.com - 18/08/2016, 08:15 WIB
Yosia Margaretta

Penulis

KOMPAS.com - Adalah OzHarvest, badan amal yang berinisiatif mengolah limbah makanan pesawat untuk didonasikan ke badan amal lainnya. 

Melansir Lonely Planet, dalam sehari OzHarvest bisa mendapatkan 200-400 kg limbah makanan dari pesawat. Makanan tersebut bisa berupa sandwichbuah-buahan, biskuit, sampai makanan lezat dari first class.

Manajer OzHarvest Cameron Hickey mengatakan, mereka mengambil makanan yang telah disajikan dalam penerbangan namun tidak dimakan oleh penumpang. kepada penumpang namun tidak dimakan. Ketika pesawat tersebut mendarat, OzHarvest akan mengumpulkan semua makanan tersebut dan mendistribusikannya pada badan amal dalam waktu dua jam.

Makanan pesawat tersebut tentunya telah melewati proses keamanan dan standar kesehatan yang panjang. Semua masakan yang disajikan dalam penerbangan masih disegel. Pihak OzHarvest yakin, cara ini efektif untuk membantu orang-orang yang kekurangan makanan.

Nantinya, OzHarvest berharap dapat bekerja sama dengan seluruh bandara di Australia. Kegiatan ini sudah berlangsung cukup lama, yakni sejak 2004. Selain membantu 200 badan amal, OzHarvest Brisbane juga membantu penerbangan untuk mengurangi limbah makanan dengan melacak makanan dari kategori jenis, jumlah dan tanggal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com