Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Kata Pakar Kuliner Vietnam-Australia Luke Nguyen soal Makanan Jalanan Jakarta?

Kompas.com - 18/08/2016, 14:01 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kuliner Indonesia begitu kaya dan tentunya akan sangat menggembirakan jika kekayaan kuliner nusantara dapat dinikmati oleh masyarakat dunia. Pakar kuliner Vietnam-Australia, Luke Nguyen lewat tayangan Luke Nguyen's Street Food Asia di saluran televisi TLC mengeksplor makanan jalanan di Jakarta.

Luke mencicipi hampir 20 jenis masakan di Jakarta, mulai mi ayam, ketoprak, gado-gado, ayam penyet, nasi goreng, sate, nasi kapau, soto betawi, dan masih banyak lainnya. Apa kata Luke soal petualangan kulinernya di Jakarta?

"Pertama mari bicara tekstur makanan. Tekstur adalah hal yang penting saat menikmati makanan dan di Indonesia tekstur makanannya beragam dari yang garing sampai lembut," kata Luke.

Tak hanya tekstur, Luke juga mengatakan rasa makanan di Jakarta sangat beragam.

"Mari bandingkan dengan makanan Vietnam yang ringan rasanya. Di Jakarta ada begitu banyak rasa. Rasa itu menghentak lidah saya, ada banyak rasa dari banyak bumbu, apalagi menyantap makanan ditemani sambal. Makan ayam goreng pakai sambal saja sudah enak," kata Luke. 

Kompas.com/Silvita Agmasari Gado-Gado di jalan Karet Pasar Baru, tepatnya di sebelah Mal Citiwalk, Sudirman, Jakarta.
Selain itu, ada pengalaman lain yang dirasakan Luke saat makan-makanan jalan di Jakarta. Pria yang menulis empat buku masakan best seller ini bercerita, ketika di syuting di Jakarta ia merasakan betul bagaimana keramahan para penjaja makanan.

"Kamu tahu lokasi nasi goreng kambing (di Kebon Sirih) yang saya makan? Waktu itu saya datang terlalu pagi. Sekitar pukul tiga sore, padahal mereka baru buka jam setengah enam sore. Walau tak mengerti bahasa, lewat bahasa makanan mereka mengajak saya untuk ke dapur mempersiapkan semuanya. Nasi, bumbu, semuanya selama satu setengah jam," kata Luke.

Luke mengatakan ia mendapatkan pengalaman luar biasa saat syuting makanan jalanan di Jakarta, "Keramahan yang luar biasa dan semuanya  makanan jalanan yang memiliki rasa fantastis. Untuk itu saya ingin membagikannya kepada dunia." tambah Luke.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com