Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mencintai Negeri Ini Dimulai dari Kuliner Nusantara

Kompas.com - 18/08/2016, 22:04 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalanan Prapanca, di daerah Blok M, Jakarta Selatan nampak lengang karena momen perayaan Kemerdekaan RI yang jatuh pada 17 Agustus 2016. Tetapi dari satu bangunan putih, dengan papan nama Almond Zucchini menyeruak wangi bumbu dan rempah khas Indonesia dan terdengar gema tawa serta denting alat dapur.

Almond Zucchini adalah studio memasak yang terletak di Jalan Prapanca Nomor 6, Jakarta Selatan. Khusus tanggal 17 Agustus 2016, Almod Zucchini bekerja sama dengan Dapur Solo mengadakan kelas memasak kuliner Indonesia.

Kelas memasak ini dikemas dengan cara menarik yakni mengundang tiga koki muda yakni Astrid Enricka, Andrian Ishak, dan Yuda Bustara. Peserta yang berjumlah 20-an orang ini kemudian dibagi menjadi tiga kelompok, dengan masing-masing kelompok dipimpin oleh chef.

"Hari ini kita berkumpul untuk mencoba memasak makanan Indonesia. Kita mulai kecintaan kita pas di tanggal 17 Agustus. Kita harus mencintai negara kita dimulai dari kulinermya," kata Swandani Kumarga, pemilik Dapur Solo di Almond Zucchini, di Jakarta, Rabu (17/8/2016).

Swandani menantang para peserta untuk memasak makanan khas Solo, yakni bubur lemu, sate kere, dan carang gesing. Selama 90 menit, para peserta harus mampu menyelesaikan masakan tersebut.

Kemudian Swandani akan menilai sendiri masakan tersebut dan memutuskan kelompok pemenang. Kelompok yang menang akan mendapatkan hadiah berupa voucher dan juga gimmick dari penyelenggara.

KOMPAS.COM/SILVITA AGMASARI Hasil masakan peserta kelas masak di Almond Zucchini.
"Ini pengalaman pertama, buat pengalaman baru dan seru-seruan Sebelumnya aku belum pernah masak makanan Indonesia," kata Vivi pesera kelas memasak dari Almond Zucchini dan Dapur Solo ini.

Sedangkan peserta lainnya, Tika mengaku belajar mengendalikan diri dalam proses memasak. "Ternyata buat carang gesing itu susah banget," kata Tika.

Untuk mengikuti acara ini peserta dipungut biaya yakni Rp 400.000. Almond Zucchini sendiri adalah studio dapur yang menyediakan fasilitas tim building untuk perusahaan dan kelas memasak untuk umum.

Rencananya dalam waktu dekat pada 3-4 September 2016 juga akan dibuka kelas umum untuk belajar memasak produk cokelat. Informasi lebih lanjut hubungi info@almondzucchini.com

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com