Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisata Lampung Tak Hanya Way Kambas dan Teluk Kiluan

Kompas.com - 19/08/2016, 08:04 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Destinasi wisata di Lampung tak hanya di Way Kambas, Teluk Kiluan, dan Pulau Pahawang. Ada banyak destinasi wisata di Lampung yang dapat dieksplor oleh wisatawan.

Seperti yang disampaikan oleh Gubernur Lampung, Ridho Ficardo dalam jumpa pers Festival Krakatau 2016, di Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, Kamis (18/8/2016), bahwa daerah pesisir barat memiliki pantai dengan ombak kelas dunia.

"Di sana juga bisa melihat lumba-lumba, padahal selama ini orang-orang hanya tahu melihat lumba-lumba di Teluk Kiluan. Selain itu ada penghasil kopi luwak liar juga di sana," kata Ridho.

Tercatat destinasi wisata di daerah pesisir Barat Lampung adalah Pugung Tampak dan Pantai Tanjung Setia yang cocok untuk berselancar, Pulau Pisang dengan air laut yang jernih dan pasir putih, Pantai Labuhan Jukung, penangkaran penyu Muara Tembulih, Kebun Raya Liwa, Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBS), dan Danau Ranau.

"Penduduk di sana menerima wisatawan dengan baik. Jika ingin merasakan Bali tahun 70-an bisa ke daerah pesisir Barat lampung, daerahnya juga aman sekali," kata Ridho.

Namun sayang, Ridho mengakui bila infrastruktur jalan menuju pesisir Barat Lampung masih belum maksimal. "Sekarang kondisinya masih adventure, tapi bagi sebagian orang justru suka kondisi seperti itu," kata Ridho.

KOMPAS/INGKI RINALDI Sejumlah pengunjung, Minggu (10/11/2013) mengamati bentukan laguna di Teluk Kiluan, Kabupaten Tanggamus, Lampung. Bentang alam berupa pantai, struktur bebatuan, dan pulau-pulau kecil menjadi obyek kunjungan yang menarik wisatawan ke kawasan itu selain aksi liar lumba-lumba.
Ia mengatakan tahun depan proyek perpanjangan landasan Bandara Pekon Serai, yang berada dekat pesisir Barat Lampung akan rampung. Ditargetkan dua sampai tiga tahun ke depan, akses dan akomodasi di daerah pesisir Barat Lampung akan memiliki kemajuan yang signifikan.

Pariwisata di Lampung, lanjut Ridho, saat ini terus didorong karena sektor pariwisata dapat menyejahterahkan rakyat, empat kali dari pertanian dan dua kali dari industri.

Tahun 2015, tercatat ada 114.907 wisatawan mancanegara dan 5,5 juta wisatawan nusantara berkunjung ke Lampung. Beragam festival diselenggarakan untuk terus menarik wisatawan. Paling dekat ada Festival Krakatau 2016 yang akan diselenggarakan tanggal 21-28 Agustus 2016.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com