Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wings Air Buka Rute Kualanamu - Takengon

Kompas.com - 19/08/2016, 13:00 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Wings Air resmi membuka rute baru yakni Kualanamu - Rembele. Bandara Rembele terletak di Gampong Bale Atu, Kecamatan Bukit, Kabupaten Bener Meriah, Provinsi Aceh. Bandara Rembele baru diresmikan Presiden RI, Joko Widodo pada Maret 2016 lalu.

Bandara Rembele adalah akses baru wisatawan menuju wilayah Takengon yang terkenal sebagai destinasi wisata. Danau Laut Tawar adalah salah satu primadona wilayah ini.

"Jalur udara dinilai sangat efisien dalam hal waktu. Biaya yang kami tetapkan sangat terjangkau untuk dapat dinikmati oleh masyarakat," tutur Presiden Direktur Lion Air Group, Edward Sirait dalam rilis yang diterima KompasTravel, Jumat (19/8/2016). 

Penerbangan perdana rute tersebut dilakukan tepat hari ini. Pesawat berangkat dari Bandara Internasional Kualanamu pukul 08.00 WIB dan tiba di Bandara Rembele pukul 09.00 WIB.

Pada Juli 2016, Wings Air telah melakukan proving flight atau uji coba. Maskapai yang menjadi bagian Lion Air Group itu telah mendapat persetujuan dari Kementerian Perhubungan untuk mengoperasikan pesawat jenis Turboprop yakni ATR 72-600 yang berkapasitas 72 seat. 

Penerbangan Kualanamu - Rembele akan memakan waktu sekitar 60 menit. Untuk penerbangan rute ini, Wings Air menaruh harga sekitar Rp 400.000 sekali jalan.

Kontributor Takengon, Iwan Bahagia Salah satu lanskap objek wisata Danau Laut Tawar, Takengon, Aceh Tengah.

Edward menambahkan, penerbangan dari Takengon ke Medan melalui Bandara Internasional Kualanamu akan sangat membantu mobilitas masyarakat setempat selain juga pendatang. Banyak wisatawan yang berkunjung ke Takengon, ibukota Kabupaten Aceh Tengah.

"Dibukanya akses tersebut diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi Takengon, juga pariwisatanya," tambah Edward.

Jadwal keberangkatan Wings Air rute Bandara Kualanamu - Rembele beroperasi satu kali dalam sehari. Nomor penerbangan IW1410 (Kualanamu - Takengon) berangkat pukul 08.00 WIB dan tiba pukul 09.00 WIB. 

Sebaliknya, nomor penerbangan IW1441 (Takengon - Kualanamu) berangkat setiap hari pukul 09.20 WIB dan tiba pukul 10.20 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com