Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk, Berburu Kuliner Jawa Timur di Summarecon Mall Serpong

Kompas.com - 20/08/2016, 11:03 WIB
Yosia Margaretta

Penulis

TANGERANG, KOMPAS.com – Para pecinta kuliner kembali dimanjakan dengan kehadiran Festival Kuliner Serpong 2016. Tahun ini, festival tersebut sudah memasuki kali keenam.

Summarecon Mall Serpong (SMS) kini  mengajak para pecinta kuliner untuk menjelajahi kuliner khas dari Jawa Timur pada 12 Agustus–12 September 2016. Beberapa pengisi stan didatanngkan langsung dari Jawa Timur seperti Surabaya, Malang, dan lainnya. Sedangkan terdapat juga beberapa stan yang menyajikan makanan khas Jawa Timur namun telah memiliki cabang di Jakarta dan Tangerang.

Beberapa kuliner yang disajikan di antaranya  BHEK oleh-oleh khas Jawa Timur, Depot Nasi Campur & Rawon Pojok tambak Bayan, Pecel Pincuk Ibu Ida, Sego Resek, Soto Ambengan “Cak-Har” dan masih banyak lagi. Berbagai kuliner ini bisa Anda cicipi di Summarecon Mall Serpong, area parkir selatan.

FKS 2016 terdiri dari 96 tenant yang dipilih berdasarkan rasa, penyajian, kebersihan dan harga. Seluruh 96 tenant terbagi dalam beberapa bentuk penyajian yaitu 61 stand, 28 gerobakan, 3 angkringan, 3 wartegan dan 1 bale.

YOSIAMARGARETTA/KOMPAS.COM Festival kali ini mengusung tema masakan khas jawa timur. Anda akan disuguhkan makanan yang menjadi primadona di Jawa Timur.
Berbeda dengan beberapa FKS sebelumnya, kali ini terdapat Pojok Dolanan yang terdiri atas mainan khas pasar malam. Permainan tersebut di antaranya seperti lempar kaleng dengan bola, lempar gelang ke botol, hingga lempar bola ke dalam wadah ukuran besar dan kecil. Untuk bermain di Pojok Dolanan, Anda cukup membayar Rp 10.000 per permainan.

“Ini untuk bikin beda aja dari FKS sebelum-sebelumnya. Jadi biar pengunung gak bosan,” ujar Ryan, Public Relation dari Summarecon Mall Serpong saat ditemui KompasTravel pada Jumat (19/08/2016).

Selain itu, setiap pukul 17.00 - 20.00 wib,  makan malam akan ditemani oleh lantunan instrumen khas Jawa di area panggung FKS. Untuk jam operasional, FKS buka pada hari Senin hingga Kamis dari pukul 16.00 – 22.00 wib. Sedangkan Jumat pada pukul 14.00 – 23.00. Untuk Sabtu – Minggu dan libur Nasional, FKS buka dari pukul 11.00 sampai 23.00.

Untuk bertansaksi di FKS, sama dengan FKS sebelumnya yaitu pengunjung bisa menggunakam kartu yang dapat diisi tanpa minimal. Kartu tersebut dapat diisi ulang dan dibeli di 10 titik booth yang telah disediakan. Nantinya apabila kartu tersebut masih ada tersisa uang dan tidak akan digunakan, Anda dapat menukarnya dengan uang tunai sesuai sisa saldo.

Di dalam festival kuliner terdapat spot permainan khas pasar malam

Festival Kuliner Serpong (FKS) memiliki tema yang berbeda-beda setiap tahunnya. Untuk tahun ini dibuka dengan judul “Wuenak E’ Puolll”, yang memiliki tema makanan khas Jawa Timur. FKS selalu berkonsentrasi untuk menyajikan kuliner khas Nusantara. Oleh karena itu sejak 2011 ada beragam tema Nusantara yang dihadirkan.

“Karena kita namanya Festival Kuliner Serpong, jadi yang kami hadirkan ya makanan nusantara terus,” ungkap Ryan.

Beberapa acara yang telah diselenggarakan di antaranya “Beauty of Bali” (2011) dari Bali, “Minang nan Rancak” (2012) dari Sumatera Barat, hingga pada tahun 2015 kemarin adalah “Horas…Beta Mangan Hita” dari Sumatera Utara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com