Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ujian Konsistensi Peserta Jelajah Sepeda Flores-Timor di Etape Terakhir

Kompas.com - 23/08/2016, 14:29 WIB
Rakhmat Nur Hakim

Penulis

KEFAMENANU, KOMPAS.com - Konsistensi peserta Jelajah Sepeda Flores-Timor yang diselenggarakan Harian Kompas akan diuji di etape terakhir, Selasa (23/8/2016). Mereka akan menempuh jarak sejauh 126 km dari Kefamenanu, Kabupaten Timor Tengah Utara menuju Atambua, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Namun sebelumnya mereka akan berhenti di Motaain, Kabupaten Belu, wilayah perbatasan Indonesia dan Timor Leste. Sebanyak 55 pesepeda masih akan berjibaku dengan panasnya suhu udara di Pulau Timor yang hampir mencapai 40 derajat celcius.

Dengan suhu udara seperti itu ditambah sengatan cahaya matahari yang sangat terik, menempuh jarak 126 km jelas bukan perkara mudah. Terlebih jalanan dari Kefamenanu menuju Atambua juga terdiri dari beberapa tanjakan terjal yang akan menguras tenaga.

Meski demikian para peserta akan disambut pemandangan pantai Tanjung Bastian di Wini. Setidaknya panorama pantai pasir putih itu mampu menjadi pelepas lelah para peserta di sana.

Alexy Yesherry Pasaribu, peserta asal Jakarta mengaku tiga etape di Pulai Timor ini merupakan yang terberat. Alasannya, cuaca di Pulau Timor jauh lebih panas dibandingkan dengan Flores.

"Cuaca di Timor ini benar-benar panas, dan itu kami rasakan mulai di etape kesembilan hingga kesepuluh kemarin, dan sepertinya cuaca panas itu akan terus kami rasakan hingga etape ketiga," ucap Alex sebelum memulai etape ketiga, Selasa (23/8/2016).

Alex menambahkan perjalanan di Pulau Timor ini juga berbeda dengan di Flores dari aspek pemandangan. Di Flores, di sepanjang perjalanan masih banyak terdapat persawahan dan pepohonan hijau yang bisa dinikmati keindahannya. Sedangkan di Timor hampir keseluruhan daerahnya gersang.

Rakhmat Nur Hakim/Kompas.com Jelajah Sepeda Flores Timor bersepeda di Kupang, Sabtu (20/8/2016)
"Tetapi kami tetap semangat untuk menyelesaikan semua etape di Jelajah Sepeda Flores-Timor kali ini. Ya setidaknya kemarin dari Soe menuju Kefamenanu ada pemandangan sawah dan perbukitan yang bisa dinikmati," lanjut Alex.

Jelajah Sepeda Flores-Timor yang digelar Harian Kompas, 13-23 Agustus 2016 dimulai dari Labuan Bajo di ujung barat Flores, dan berakhir di Motaain, Kabupaten Belu (Timor), perbatasan RI-Timor Leste.

Perjalanan bersepeda jarak jauh ini merupakan bagian dari komitmen Kompas untuk mempromosikan Flores dan Timor, serta Nusa Tenggara Timur pada umumnya guna meningkatkan kunjungan wisatawan dan investasi.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com