Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Hal yang Paling Ditakuti Saat Liburan, Apa Itu?

Kompas.com - 24/08/2016, 06:35 WIB
Kontributor Travel, Fira Abdurachman

Penulis

KOMPAS.com – Liburan itu selalu terkesan menyenangkan. Foto di tempat yaang indah. Unggah foto selfie di sosial media. Check-in di tempat yang keren hingga membuat banyak teman-teman iri.

Memang benar liburan pasti menyenangkan tapi banyak orang lupa bahwa liburan juga butuh kerja keras dan usaha. Belum lagi tak sedikit peristiwa tidak menyenangkan sering kali terjadi di tengah masa liburan.

Berikut beberapa kisah tidak menyenangkan selama liburan yang sering dihadapi para pelancong.

1. Kangen Rumah

Kalau di negeri orang baru terasa bahwa makanan dan minuman paling enak adalah masakan Indonesia. Biar menginap di hotel bintang 5 sekali pun tetapi tidur paling nyenyak adalah di kamar sendiri. Belum lagi didera kangen keluarga dan teman.

Kadang tak terasa air mata menetes karena menahan rindu. Inilah pentingnya liburan agar kita lebih menghargai apa yang kita miliki.

KOMPAS.COM/FIRA ABDURACHMAN Turis menikmati suasana kota Kandy di sisi Danau Kandy di Sri Lanka.
2. Lelah

Lelah dan kangen rumah biasanya mulai mendera di hari 3 dan seterusnya. Kalau sudah lelah, tempat seindah apa pun akan terasa hambar. Apalagi ditambah bosan.

Bayangkan tempat atraksi turis itu tidak banyak berbeda satu sama lain. Bangunan tua atau bersejarah, pantai, pertunjukan, dan restoran. Setiap hari kita disuguhi hal yang kesannya "itu-itu saja".

3. Kecopetan atau Kehilangan Barang Penting

Ini peristiwa yang paling dihindari dan ditakuti untuk terjadi. Tapi yang namanya 'celaka' bisa terjadi di mana dan kapan saja. Kita harus siap menghadapinya. Tentu tindakan pencegahan adalah hal yang penting.

4. Kehabisan Uang

Liburan kadang kita keasyikkan menghamburkan uang. Tidak tahan melihat barang bagus, oleh-oleh, makan enak, akhirnya tak terasa uang menipis. Menipis sebelum waktunya.

Bayangkan ketika hari-hari terakhir ternyata kita butuh beli sesuatu yang penting seperti tiba-tiba sakit dan butuh ke dokter dan beli obat.

Sering juga harga tiket pertunjukan, transportasi, masuk museum atau tempat atraksi lainnya ternyata sudah naik harga. Jadi lebih mahal dari yang diperhitungkan. Kalau kata orang Jakarta, “manyun deh”.

KOMPAS.COM/FIRA ABDURACHMAN Turis di Masjid Istiqlal, Jakarta.
5. Berita duka dari rumah

Berita duka saat liburan bisa jadi adalah kenangan pahit. Baik berita bencana, sakit, termasuk meninggal dunia. Saat-saat santai dan menyenangkan harus berubah menjadi cerita buruk. Belum lagi harus mengurus segala sesuatu misalnya bila harus mendadak pulang ke rumah. Kita harus mencari tiket pulang dengan perasaan gelisah.

KompasTravel acap kali menemui pelancong yang hanya bisa menangis tersedu-sedu karena menerima berita buruk tentang keluarga atau temannya.

Terpenting adalah berdoa sebelum berangkat liburan agar selama perjalanan selalu dihindari dari hal buruk. Tentu persiapan yang paling penting. Perhitungkan sedetil mungkin segala kebutuhan. Apalagi jika bersama anak-anak dan orang tua.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com