Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Festival Wonderful Indonesia Digelar di Perbatasan Entikong

Kompas.com - 27/08/2016, 22:50 WIB
Kontributor Pontianak, Yohanes Kurnia Irawan

Penulis

ENTIKONG, KOMPAS.com - Festival Wonderful Indonesia (FWI) kembali digelar di perbatasan Indonesia-Malaysia di Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat. Perhelatan tersebut digelar selama dua hari mulai Sabtu (27/8/2016) hingga Minggu (28/8/2016) yang dipusatkan di Lapangan Patoka, Entikong.

Konsep Cross-border Tourism yang digagas Kementerian Pariwisata untuk menggaet wisatawan asal negeri Jiran ini dimeriahkan dua artis ibu kota, yaitu Nong Niken artis Kontes Dangdut Indonesia dan Selvi artis Bintang Pantura Indosiar.

Tak hanya konser musik, festival ini juga menyuguhkan hiburan berupa tarian daerah, musik etnik, dan expo kerajinan produk lokal.

Kepala Bidang Festival Asisten Deputi Pengembangan Pasar Asia Tenggara Kemenpar, Eddy Susilo mengatakan, penyelenggaraan FWI yang kedua kalinya ini diharapkan bisa mengulang sukses seperti penyelenggaraan sebelumnya.

Kunjungan wisatawan khususnya dari negara bagian Sarawak, Malaysia diharapkan bisa melebihi jumlah kunjungan sebelumnya. Dari data sementara, diperkirakan wisman asal Sarawak yang akan hadir diperkirakan lebih dari 300 orang.

Kemenpar pun sudah mempersiapkan sejumlah bus guna mempermudah pengunjung dari perbatasan menuju lokasi kegiatan. "Para wisman tersebut akan datang selama dua hari dijemput menggunakan bus oleh panitia di perbatasan Entikong, sekitar tiga kilometer dari lokasi acara," ujar Eddy, Jumat (26/8/2016).

FWI merupakan program Kemenpar dalam rangka meningkatkan aktivitas industri pariwisata Indonesia. Meski tak mudah, tahun 2016, Kemenpar menargetkan kunjungan sebanyak 12 juta wisatawan mancanegara atau meningkat sebesar 20 persen dibanding capaian kunjungan wisman sebesar 10,4 juta pada tahun 2015.

"Diharapkan kunjungan wisman lewat pintu perbatasan tahun 2016 akan meningkat signifikan hingga 2 juta," kata Eddy.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com