Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Akhir Tahun, Ini Agenda Wisata di Kepulauan Riau

Kompas.com - 29/08/2016, 16:38 WIB
Kris R Mada

Penulis

BINTAN, KOMPAS.com - Sisa empat bulan terakhir di 2016 bisa dimanfaatkan untuk pesiar ke Kepulauan Riau. Serangkaian agenda wisata sudah menyambut pelancong.

Kepala Dinas Pariwisata Kepulauan Riau, Guntur Sakti menyebut kegiatan paling banyak sepanjang September dan Oktober. Pada September saja ada delapan kegiatan di berbagai kabupaten/kota di Kepri.

"Di Natuna ada Festival Wisata Bahari pada 1 September 2016," ujarnya, Senin (29/8/2016), di Bintan, Kepulauan Riau.

Sementara di Batam akan dihelat Eid Al Adha Mubarak Festival, Nongsa Festival, dan Nongsa Carnival. Semua dipusatkan di kawasan Nongsa dan resort Turi. "Ada Festival Kue Bulan juga," ujarnya.

Oktober akan menjadi bulan paling sibuk. Selama 10 hari terakhir Oktober akan dihelat Festival Bahari Kepri di Tanjung Pinang. Festival itu untuk memeriahkan Sail Karimata 2016. Di festival itu akan dihelat aneka olahraga tradisional, pentas seni dan budaya melayu, serta balap perahu.

ARSIP HUMAS PEMKAB KAYONG UTARA Salah satu pesona keindahan di perairan Pulau Karimata, Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat.
Bahkan, kegiatan terkait Sail Karimata tidak hanya dibuat di Tanjung Pinang. Di Bintan dan Batam juga akan dibuatkan serangkaian acara khusus untuk memeriahkan penutupan reli perahu layar itu.

"November agak sepi, hanya ada Nongsa Cup dan Racing the Planet Bintan," ujar Guntur.

Kegiatan kembali ramai pada Desember. Sepanjang Desember antara lain ada Kenduri Seni Melayu di Batam, lari malam hari atau Moon Run di Bintan, sejumlah turnamen golf di Batam dan Bintan. "Tentu akan ada pesta pergantian tahun di berbagai tempat," kata Guntur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com