Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tempat Mencicipi Masakan "Rumahan" Ala Perancis di Jakarta

Kompas.com - 29/08/2016, 22:10 WIB
Yosia Margaretta

Penulis

KOMPAS.com – Usai melakukan perbaikan sejak 2015, Bistro Baron kembali dibuka. Inilah restoran tempat mencicipi masakan rumahan ala Perancis di Jakarta.

Baron memiliki arti "raja", sedangkan bistro adalah "restoran kecil" atau bisa dibilang warung. Dari sini, Bistro Baron ingin menekankan bahwa mereka bukanlah merupakan restoran fine dining atau makanan mewah. Hal itu diungkapkan Herry Adi Nugraha selaku executive chef Bistro Baron.

“Kalau interior memang kita seperti fine dining. Tapi konsep semuanya adalah classic french food yang seperti masakan rumahan di Perancis, ” tutur Chef Herry saat konferensi pers beberapa waktu lalu.

Bagi Chef Herry, masakan yang dihadirkan seperti layaknya masakan ibu di Perancis. Terkadang dirinya juga mendapati warga negara Perancis yang betul-betul merasakan suasana rumahnya di Bistro Baron.

Karena ingin memberikan sajian klasik murni Perancis, bahan-bahan yang digunakan pun tak sembarangan. Demi rasa klasik, Chef Herry tidak ingin sedikitpun mengurangi ataupun mengganti bahan yang digunakan.

“Kalau penyesuaian dengan lidah Indonesia ada, tapi tidak terlalu banyak. Hanya beberapa saja supaya pelanggan tidak terlalu eneg. Misal rasa cheesy-nya dikurangi,” tutur Herry.

YOSIAMARGARETTA/KOMPAS.COM Sajin ini merupakan main course dari baron bistro yang bisa dimakan 2-3 orang.

Salah satu sajian Bistro Baron yang paling diincar pengunjung adalah Cote de Boeuf. Ini merupakan black angus rib atau daging sapi pada bagian iga. Dengan menggunakan daging seberat satu kilogram, hidangan ini bisa dimakan oleh tiga sampai empat orang. Untuk merasakan makanan ini Anda harus menunggu sekitar 30 menit proses memasak.

Cote de Boeuf dibanderol dengan harga Rp 1,2 juta per porsi. Namun harga tersebut sesuai dengan rasanya. Ketika KompasTravel mencicipinya, daging terasa sangat empuk karena dipanggang dengan tingkat kematangan medium. 

Sensasi gurih didapat dari saus saucenta dengan kombinasi mustard sauce, seaded mustard, bordelaiese, dan cafe de paris. Saus tersebut mengkombinasi rasa asam dan manis yang pas.

“Beberapa masakan kita rata-rata ala minute. Jadi langsung dimasak begitu ada orderan. Seperti makanan rumahan saja,” ujar Herry.

YOSIAMARGARETTA/KOMPAS.COM Merupakan sajian ikan baramundi yang dimasak dengan bumbu perancis

Selain Cote de Boeuf, menu favorit lainnya adalah Wild Baramundi en Papillote. Sajian ini merupakan ikan Baramundi yang terkenal di Perancis. Ikan seberat 700 gram dimasak dengan saus butter. Dengan harga Rp 315.000, masakan ini bisa dimakan oleh dua sampai tiga orang. Namun apabila Anda ingin memakannya sendiri, Bistro Baron menyajikan single size dengan harga Rp 175.000.

Bistro Baron terletak di Plaza Indonesia Extension, Level 1, Unit E.20 – E.21, Jakarta Pusat. Restoran ini buka dari pukul 07.00 WIB untuk Anda yang ingin menikmati menu breakfast, hingga pukul 24.00 WIB. Pada Jumat, Sabtu dan Minggu Bistro Baron buka hingga pukul 01.00 WIB dini hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com