Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Paket Wisata Halal di Jepang Lebih Mahal

Kompas.com - 01/09/2016, 07:31 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jepang yang kini gencar berpromosi wisata di Indonesia mulai mencoba untuk lebih ramah terhadap wisatawan Muslim. Ramah yang dimaksud adalah dalam soal penyediaan fasilitas halal seperti makanan, akomodasi, dan termpat beribadah, sehingga membuat wisatawan nyaman saat berwisata.

"Dari dulu, dua puluh tahun lalu juga ada makanan halal di Jepang, tetapi jenis makanan India atau Timur Tengah bukan makanan otentiknya," kata Director of Operations dari Fuji International, Japan Land Operator, Rani Helfina di acara Visit Japan Travel Trade Meet, Senin (29/8/2016). 

(BACA: Jepang Incar Turis Indonesia untuk Wisata Musim Dingin)

Rani mengatakan ragam makanan halal yang terbatas, membuat wisatawan Muslim menjadi cepat bosan. Namun kini, banyak restoran di Jepang yang mulai membuat makanan otentik dengan bahan makanan dan tata cara pembuatan yang halal. Begitu pula dengan restoran yang meyediakan ruang untuk shalat. 

"Hanya saja untuk membuka paket wisata halal ini tidak mudah, kita harus benar-benar melakukan survei langsung. Tidak mau asal membuka paket wisata saja," kata Rani.

Sebab, menurut Rini, wisatawan Muslim di Indonesia terbilang unik, tak perlu mewah namun harus ada label halal. "Paket wisata Muslim memang lebih mahal, karena rata-rata hotel halal di Jepang adalah hotel bintang tiga. Makanannya juga lebih mahal," kata Rani. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com