Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ke Umbul Ponggok, Catat Tips Foto “Underwater” Berikut

Kompas.com - 03/09/2016, 13:12 WIB
Muhammad Irzal Adikurnia

Penulis

KLATEN, KOMPAS.com - Melancong ke Kota Klaten, bagi yang pertama kali memang belum afdol jika tidak menyambangi kolam eksotis yang terkenal akan pemotretan dalam airnya tersebut. Melakukan pemotretan di dalam air ternyata tak semudah di darat, butuh pengalaman dan trik khusus agar mendapat hasil terbaik.

Berwisata ke Umbul Ponggok memang wajib hukumnya berfoto dengan properti dan ikan-ikan lucu di dalamnya. Bagi wisatawan yang tidak memiliki kamera underwater tidak perlu khawatir. Di Umbul Ponggok terdapat jasa penyewaan kamera underwater dengan tarif Rp 60.000 untuk 30 menit dan Rp 100.000 untuk satu jam.

Sedangkan untuk jasa fotografernya Anda perlu merogoh kocek lagi Rp 60.000. Dengan fotografer yang andal, tentunya menjamin hasil foto yang akan Anda terima sepulang nanti. Namun, bagaimana jika ingin mencobanya sendiri?

“Beberapa kasus foto yang diambil dengan asal-asalan bikin wisatawan kecewa, dan komplain ke sembarang pengelola di Umbul Ponggok,” ujar Budi, salah satu pengelola penyedia jasa foto underwater di Umbul Ponggok, kepada KompasTravel saat berkunjung dalam famtrip Dinas Pariwisata Jawa Tengah, Sabtu (27/8/2016).

TRIBUN JOGJA/ANGGA PURNAMA Wahana baru di Umbul Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.
Ia memberikan tips kepada KompasTravel bagaimana cara mengambil gambar yang benar di dalam air, khususnya di Umbul Ponggok.

Datang di Jam yang Tepat

Jika Anda ingin menghasilkan foto dengan latar yang bagus, pencahayaan yang baik, maka datanglah di waktu pagi atau sore hari. Pada hari Senin – Jumat pukul 07.00 – 09.00 WIB atau pukul 14.00 – 16.00 WIB. Sedangkan pada akhir pekan Sabtu – Minggu disarankan datang pukul 07.00 – 09.00 WIB.

Selain karena pengunjung masih relatif sepi, sehingga latar belakang foto yang dihasilkan bebas dari sosok-sosok orang tak dikenal, juga faktor gambar yang lebih bagus karena air umbul lebih jernih dan sinar matahari masih dari samping bukan tepat di atas kepala.

Terlebih bagi wisatawan yang akan melaksanakan sesi foto khusus, seperti pre wedding, katalog sekolah dan yang lainnya, pengelola akan mewajibkan untuk datang sangat pagi, sekitar pukul 06.00 WIB.

KOMPAS.com/Muhammad Irzal Adiakurnia Jika Anda ingin menghasilkan foto dengan latar yang bagus, pencahayaan yang baik, maka datanglah di waktu pagi atau sore hari ke Umbul Ponggok.

Lepas Pelampung Saat Difoto

“Wajib gunakan pelampung, tapi saat foto cari batu tinggi buat pijakan dan lepas pelampungnya. Tapi jangan dilepas jauh-jauh,” ujar Budi.

Melepas pelampung dan alat snorkel akan membuat foto tampak lebih natural, seperti sedang beraktifitas tanpa hambatan di dalam air. Walaupun begitu, untuk melepasnya tetap pada prosedur yang benar, seperti melepas di pijakan batu yang tinggi, dan lepas pelampung dekat Anda atau si fotografer.

Melepas pelampung harus dilakukan oleh keduanya, baik yang di foto atau yang mengambil foto tersebut. Alasannya, walaupun tidak bergaya, fotografer harus masuk guna mengambil angle yang tepat.

Bergaya Seperti Normalnya di Daratan

Kuncinya ialah tarik badan agar tetap di dalam air, dapat dengan berpegangan ke alat atau properti foto yang terikat di dasar air.

Anda harus membayangkan gaya tersebut ketika Anda tidak berada di dalam air. Misal tetap tersenyum tidak seperti sedang menyimpan udara di mulut. Duduk semestinya seperti Anda sedang mengendarai motor, atau properti yang lainnya.

KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO Pengunjung Umbul Ponggok di Desa Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, menyewa jasa warga setempat yang berprofesi sebagai fotografer bawah air, Minggu (14/8/2016).
Gunakan Mode Burst atau Sekali Banyak

Berfoto tanpa alat selam di dalam air tidak leluasa seperti di darat. Kita perlu memperhitungkan waktu tahan nafas saat mengambil foto. Karena waktu yang sempit, ada baiknya tiap detik saat bergaya di bawah diabadikan, menggunakan mode kamera burst atau continous shoot.

Sehingga menghasilkan banyak gambar ketika beranjak ke permukaan. Untuk selanjutnya tinggal diseleksi foto mana yang terbaik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com