Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berfoto Bersama Soekarno dan Anggun di Madame Tussauds Bangkok

Kompas.com - 04/09/2016, 13:18 WIB
Nibras Nada Nailufar

Penulis

BANGKOK, KOMPAS.com - Sejak pertama dibuka pada akhir 2010 silam, Madame Tussauds Bangkok menyadari besarnya antusiasme dari masyarakat Indonesia untuk berkunjung dan berfoto bersama patung lilin tokoh-tokoh ternama.

Maka pada September 2012, dibawalah Presiden RI Soekarno sebagai sepotong catatan sejarah Indonesia di Bangkok, Thailand. "7 dari 10 (turis) pengunjung Madame Tussauds itu dari Indonesia," kata Public Relation Tourism Authority of Thailand (TAT) Stephanie Valencia kepada KompasTravel.

Soekarno pun diberikan tempat yang spesial, kedua dari pintu masuk, persis setelah Raja Bhumibol Adulyadej dan Ratu Sirikit. Di dekatnya, sebuah papan informasi menyebutkan Soekarno adalah founding father Indonesia yang pemikirannya menghasilkan Pancasila sebagai dasar negara.

(BACA: Ini Tokoh Indonesia Pertama yang Jadi Patung Lilin di Madame Tussauds)

Di bagian sejarah dan pemimpin dunia, Soekarno berbagi ruang dengan Mahatma Gandhi, Princess Diana, Mao Zedong, Dalai Lama, Obama, Ratu Elizabeth, dan tentunya Perdana Menteri Thailand Seni Pramoj.

Ruang berikutnya masih memuat tokoh-tokoh penting dalam sejarah seperti Pablo Picasso, Ludwig Van Beethoven, Christiano Ronaldo, hingga Bruce Lee. Lalu lanjut ke ruang hiburan, ada penyanyi asal Thailand Tata Young, One Direction, Madonna, dan Beyonce.

Di diorama pemain film, Johnnya Depp, Vin Diesel, Will Smith, juga tampil berpakaian formal seperti sedang melangkah di karpet merah. Tak ketinggalan, Angelina Jolie dengan tato suci Thailand, Sak Yant, direplika persis seperti aslinya.

Tak hanya berfoto, pengunjung di Madame Tussauds juga menikmati permainan interaktif seperti bermain basket di dekat Yao Ming, bermain tenis virtual di dekat Serena Williams, dan karaoke. Total, ada sekitar 50 patung lilin yang ada di Madame Tussauds Bangkok.

Kamis (1/9/2016), penataan di Madame Tussauds mengalami perubahan. Di ruang tokoh televisi, penyanyi internasional asal Indonesia, Anggun Cipta Sasmi, baru saja menggeser Oprah Winfrey.

Sama seperti Soekarno, Anggun juga diberikan tempat khusus. Satu sudut lengkap dengan latar panggung Asia's Got Talent tanpa harus berbagi ruang dengan tokoh lainnya.

Head of Bangkok Cluster, Merlin Entertainments, Noppadon Prapimpunt mengatakan pemilihan Anggun didasarkan pada prestasinya sebagai penyanyi asal Asia yang terlaris di dunia dan selalu menduduki daftar Billboard di Eropa dan Amerika.

"Peran terakhirnya sebagai juri Asia's Got Talent juga membuktikan bahwa Anggun adalah salah satu tokoh yang paling terkenal di dunia. Banyak fans Anggun dan pengunjung Madame Tussauds meminta kami membuat patung lilinnya," katanya saat peluncuran patung Anggun.

KOMPAS.com/NIBRAS NADA NAILUFAR Anggun C. Sasmi berfoto bersama patung lilinnya di Madame Tussauds Bangkok di Siam Discovery, Bangkok, Thailand, Kamis (1/9/2016).
Jika pakaian Presiden Soekarno dirancang oleh desainer kenamaan asal Indonesia, Samuel Wattimena, Anggun memilih untuk menunjuk sendiri perancang pakaiannya. Yang tak lain adalah kawan sekaligus idolanya, Jean-Paul Gaultier.

Di penghujung diorama Madame Tussauds Bangkok, ada ruang berisi sejarah Madame Tussauds dan penjelasan proses pembuatan patung lilin.

Soekarno disebut dibuat berdasarkan hasil riset, sementara Anggun dibuat dari proses sitting, yaitu pengukuran, foto tiga dimensi, langsung di studio Madame Tussauds di London.

Untuk mengunjungi Soekarno, Anggun, dan tokoh ternama lainnya, anda bisa menuju ke lantai empat Siam Discovery dan membeli tiket seharga tiket 990 baht untuk orang dewasa atau setara dengan Rp 380.000, dan 790 baht untuk anak-anak usia 3-11 tahun.

Selain memeluk dan berfoto bersama patung lilin ini, anda juga dapat mengabadikan tangan sendiri dalam bentuk lilin mulai dari 350 baht untuk satu tangan polos. Combo ticket juga dijual online di https://www.madametussauds.com/bangkok/en/tickets mulai dari 1.485 baht hingga 1.870 baht dengan paket tambahan ke SEA LIFE Bangkok Ocean World dan 4D Cinema.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com