Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/09/2016, 20:12 WIB
Markus Makur

Penulis

WARISAN tradisi leluhur orang Manggarai Timur, Flores, Nusa Tenggara Timur, sangat bermacam-macam. Upacara adat juga sangat beraneka ragam.

Warisan tradisi leluhur itu terus dilestarikan di kampung-kampung di tengah arus budaya global. Tradisi orang Manggarai Timur tidak terpengaruh dengan budaya global. Masyarakat Manggarai Timur terus mempertahankan warisan budaya leluhur mereka.

Salah satu dari sekian banyak warisan leluhur orang Manggarai Timur adalah ritual "Raga Kaba" dari Bukit Lete, di Kampung Lete, Desa Gunung, Kecamatan Kota Komba, Kabupaten Manggarai Timur.

"Raga" artinya menari, sedangkan "kaba" artinya kerbau. Jadi ritual raga kaba adalah ritual menari keliling kerbau. Ritual raga kaba sangat berkaitan dengan peresmian sebuah rumah adat.

Masing-masing kampung yang tersebar di Manggarai Timur memiliki warisan budaya yang berbeda-beda. Namun, tradisi itu menyatukan seluruh keluarga yang tersebar di Manggarai Timur. Tradisi dan ritual-ritual mempererat tali persaudaraan dan kekeluargaan.

Dengan melaksanakan ritual adat ini, rasa persaudaraan, persatuan dan kekeluargaan sangat terasa. Saat ritual itu berlangsung, semua keluarga, adik kakak, saudara dan saudari berkumpul di dalam satu rumah gendang (rumah adat).

KOMPAS.COM/MARKUS MAKUR Ritual raga ramang kaba atau menari keliling kerbau di rumah adat Gendang Lebok Teno dari Suku Gunung di Kampung Lete, Desa Gunung, Kecamatan Kota Komba, Manggarai Timur, Flores, NTT, Sabtu (27/8/2016).
Menjelang akhir Agustus 2016, Suku Gunung di Kampung Lete, Desa Gunung, Kecamatan Kota Komba, Manggarai Timur melaksanakan ritual "Pui Pejak".

Ritual "Pui Pejak" Mbaru Gendang Lebok Teno Gunung dilangsungkan Sabtu (27/8/2016). Apa itu Ritual "Pui Pejak"? "Pui" artinya membersihkan, dan "pejak" adalah sisa-sisa kotoran. Jadi ritual "Pui Pejak" adalah ritual membersihkan sisa-sisa kotoran seusai membangun rumah gendang.

Ritual ini juga diartikan membersihkan rumah adat gendang dari berbagai gangguan-gangguan roh halus. Bisa juga dimaknai membersihkan rumah adat gendang dari berbagai kotoran-kotoran, seperti sisa-sisa kayu, pasir dan lain sebagainya. 

Ritual ini bisa juga digelar sebelum rumah gendang dihuni oleh satu suku atau beberapa kumpulan suku-suku yang berada di satu kampung.

Mentari beranjak di Gunung Inerie, Sabtu (27/8/2016). Pancaran sinar Sang Surya menembus bukit-bukit di kawasan Manggarai Timur. Bukit-bukit disegarkan oleh sinar Sang Surya yang selalu setia menyinarinya pada pagi hari.

KompasTravel bersama Frans Sarong dan Marsel Mon beranjak dengan mengendarai kendaraan roda empat menuju ke kampung Lete untuk mengikuti ritual adat tersebut. Frans Sarong (mantan wartawan Kompas) merupakan bagian dari anggota suku di Rumah Gendang Lebok Teno Gunung.

KOMPAS.COM/MARKUS MAKUR Tua teno dari Suku Gunung di Rumah adat gendang Lebok Teno Gunung di Kampung Lete, Desa Gunung, Kabupaten Manggarai Timur, Flores, NTT, Sabtu (27/8/2016) melangsungkan ritual tola kaba sebelum dibunuh.
Cahaya kehidupan yang sudah menyinari alam dari bagian Timur, juga membangunkan kami untuk bergegas menuju ke Kampung Lete yang berada di bukit Lete.

Anggota suku di kampung itu sudah menunggu kedatangan kami dari Borong dan Waelengga. Setiba di rumah adat Gendang Lebok Teno Gunung, kami diterima dengan ritual kepok.

Rerumputan dan pohon-pohon itu bergembira di Bukit Lete atas cahaya kehidupan. Alam hanya tahu menerima cahaya kehidupan yang menghidupkan. Cahaya kehidupan itu menembusi bukit-bukit yang tersebar di kawasan Kabupaten Manggarai Timur.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com