Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lupakan "Green Tea", Ada 300 Varian Rasa KitKat di Jepang

Kompas.com - 07/09/2016, 05:12 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

KOMPAS.com - Wisatawan yang berkunjung ke Jepang hampir pasti membawa KitKat rasa matcha (teh hijau) sebagai buah tangan. Padahal, matcha bukanlah satu-satunya varian rasa unik KitKat yang bisa Anda temui di Jepang.

Cobalah datang ke Chocolatory, salah satu patissier paling terkenal di Tokyo yang berada di bawah naungan Chef Yasumasa Takagi. Dia adalah pelopor KitKat versi gourmet, dengan varian rasa unik. Sebut saja White Chocolate Raspberry, Lemon Vinegar, Wasabi, dan Pumpkin Pudding. 

Mengutip situs CNN, sampai saat ini ada lebih dari 300 varian rasa KitKat yang beredar di Jepang. Padahal di negeri asalnya yakni Inggris, wafer berbalut cokelat itu tidak terlalu dikenal. Hingga akhirnya paten KitKat dibeli oleh perusahaan raksasa asal Swiss yakni Nestle. 

CNN Sampai saat ini ada lebih dari 300 varian rasa KitKat yang beredar di Jepang.
Mengapa KitKat begitu fenomenal dan menjadi tren di kalangan masyarakat Jepang? Jawabannya mudah, awalnya itu merupakan trik marketing dari Nestle yang berlokasi di Kota Kobe.

Pelafalan 'KitKat' juga hampir sama dengan kito kato, yang dalam bahasa Jepang berarti 'untuk kemenangan'. Kito kato merupakan frasa umum yang digunakan oleh masyarakat Jepang untuk melewati beragam ujian sekolah.

Para orangtua di Jepang punya kebiasaan memberikan KitKat kepada anak-anak mereka, disertai catatan tulisan tangan, untuk memberi semangat saat ujian sekolah.

Namun, baru sejak tahun 2000 masyarakat Jepang berlomba-lomba menciptakan varian rasa KitKat. Bahkan, tiap wilayah Jepang identik dengan rasa KitKat tersendiri.

CNN Kini, Chocolatory dipenuhi warga dan wisatawan yang penasaran ingin mencicipi KitKat dengan rasa tidak biasa. Patisserie ini terletak di Seibu Ikebukuro Department Store, 1-28-1 Minami Ikebukuro, Toshima-ku.
Shizuoka Perfecture identik dengan KitKat rasa wasabi. Okinawa identik dengan KitKat rasa Purple Potatoes dan Matcha Green Tea. Ada juga perfektur yang identik dengan KitKat rasa sakura dan sake, yang tentunya tidak mengandung alkohol. 

Di seluruh Jepang, sekitar empat juta KitKat mini laku terjual setiap harinya. Belum lagi, KitKat gourmet yang dijual patisserie seperti milik Chef Takagi. 

"Usai pelatihan di berbagai toko kue di Perancis dan Belgia, saya rasa inilah waktunya menggabungkan cita rasa western dengan Jepang," tuturnya kepada situs CNN. 

Kini, Chocolatory dipenuhi warga dan wisatawan yang penasaran ingin mencicipi KitKat dengan rasa tidak biasa. Patisserie ini terletak di Seibu Ikebukuro Department Store, 1-28-1 Minami Ikebukuro, Toshima-ku.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com