Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ajang Balap Sepeda Tour de Linggarjati Digelar Akhir Oktober

Kompas.com - 13/09/2016, 13:58 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Acara wisata olahraga balap sepeda Tour de Linggarjati (TdL) akan digelar pada 28-30 Oktober 2016 mendatang. Acara berskala internasional ini akan digelar untuk kedua kalinya Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

"Tour de Linggarjati lahir dari keinginan masyarakat untuk mempromosikan Kabupaten Kuningan melalui acara balap sepeda," kata Bupati Kabupaten Kuningan, Acep Purnama dalam sambutan acara Launching Tour de Linggarjati di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, Jakarta, Selasa (13/9/2016).

Pelaksanaan TdL 2016 akan dimulai dari Gedung Naskah Perundingan Linggarjati, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Pesepeda akan menempuh rute sepeda sepanjang 245 kilometer, melewati 20 kecamatan dan 200 desa di Kabupaten Kuningan.

"Melalui kegiatan ini diharapkan akan mengenalkan Kabupaten Kuningan ke kabupaten lain dan bahkan dunia internasional," tambah Acep.

Adapun, lanjutnya, TdL 2016 sendiri merupakan bagian dari rangkaian acara Kemerdekaan Republik Indonesia ke-71 dan hari jadi Kabupaten Kuningan ke-581 yang jatuh pada 1 September 2016 lalu.

"Tour de Linggarjati juga bertujuan untuk menggali dan mengenang kejadian di Kuningan yakni Perjanjian Linggarjati pada tahun 1946. Saya harapkan Tour de Linggarjati menjadi kegiatan unggulan dan ikon daerah yang secara langsung meningkatkan brand image Kuningan," ujar Acep.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menambahkan, event TdL telah diakui oleh UCI (Union Cycling Internationale) dan Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI). Hal itu menjadi alasan event TdL menjadi skala internasional.

"Tour de Linggarjati adalah international sport event, khususnya untuk cycling race keempat di Indonesia. Berdasarkan waktu penyelenggaraan, pertama adalah Tour de Singkarak, Tour de Ijen, Tour de Flores, dan selanjutnya Tour de Linggarjati. Event ini media value-nya bagus," tambah Arief.

Dalam TdL, para atlet balap sepeda akan memperebutkan titel juara dengan total hadiah sebesar Rp 500 juta. TdL 2016 melombakan tiga kelas yakni Individual Time Trial (ITT), Road Race/Circuit Race dan Criterium untuk elite (senior), junior, dan youth (pemula).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com