Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Koki Italia Buat 5.000 Pizza dalam 12 Jam!

Kompas.com - 14/09/2016, 16:10 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

KOMPAS.com - Orang Italia memang tak main-main soal pizza. Sebuah kota kecil di selatan Italia. Puglia, sebuah kota kecil di bagian selatan Italia baru-baru ini membuat gempar wisatawan. Soalnya, di sana para koki berkumpul untuk memecahkan rekor pembuatan pizza terbanyak. 

Lebih tepatnya, mereka membuat 5.836 loyang pizza dalam waktu 12 jam saja. Ini mengalahkan rekor sebelumnya, yakni 5.070 pizza yang dibuat oleh Naples Academy of Pizza di Kota Chiasso, Swiss.

Mengutip situs Lonely Planet, ini merupakan bagian dari festival bertema pizza yang digelar selama tiga hari di kota tersebut.

CHE PIZZA - FESTA DELLA PIZZA Para koki asal Italia berhasil memecahkan rekor dengan membuat 5.000 pizza dalam waktu 12 jam.
Sebanyak 43 koki bergotong-royong membuat 550 loyang pizza tiap jam. Rekor sudah terpecahkan pada jam ke-10, namun para koki kembali berkutat untuk membuat tambahan 766 pizza.

Meski jumlahnya masif, tiap pizza harus memiliki standar yang tepat untuk penilaian Guinness Book of Records. Diameter pizza haruslah sekitar 31 cm. Dari total keseluruhan, ada 450 alias 7 persen pizza yang didiskualifikasi dari penilaian.

Meski begitu, pembuatan pizza massal ini menuai banyak pujian dari wisatawan. Alih-alih dibuang, semua pizza akan diberikan kepada badan amal lokal serta wisatawan yang ingin mencicipi pizza otentik.

****

KompasTravel kembali menghadirkan kuis "Take Me Anywhere 2". Pemenang akan mendapatkan kesempatan liburan gratis yang seru ke Yogyakarta selama tiga hari dua malam.

Hadiah sudah termasuk tiket pesawat, transportasi lokal, hotel, konsumsi, dan beragam aktivitas seru selama di Yogyakarta. Juga raih kesempatan memenangkan hadiah smartphone. Klik link berikut: Mau Liburan Gratis di Yogyakarta? Ikuti Kuis "Take Me Anywhere 2"

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com