Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum ke Jepang, Ini Empat Hal Vital yang Harus Anda Siapkan

Kompas.com - 17/09/2016, 19:10 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tren berwisata ke Jepang di kalangan masyarakat Indonesia belakangan ini semakin menjadi. Didukung oleh promo tiket penerbangan di pameran wisata, banyak wisatawan Indonesia memilih Negeri Sakura sebagai destinasi wisata.

Namun, bukan hanya tiket penerbangan yang harus Anda pikirkan. Banyak hal lain yang juga harus Anda cermati sebelum berwisata ke negara yang dikenal memiliki biaya hidup cukup tinggi ini.

Asisten Manager Marcomm & PR dari HIS Travel Agent, Rofiq S Saputro penyelenggara Cool Japan Travel Fair, Sabtu (17/9/2016) menjelaskan kepada KompasTravel tentang persiapan paling penting sebelum berangkat ke Jepang:

Tentukan tanggal keberangkatan

Hal ini cukup penting, mengingat Jepang memiliki empat musim dan tentunya memengaruhi semua persiapan yang lain

"Kalau mau dapat tiket murah, searching di internet. Tapi itu menghabiskan waktu, saran saya catat waktu travel fair dan cari tiket di sana," kata Rofiq.

Transportasi di Jepang

Transportasi bisa digolongkan sebagai hal yang lebih vital daripada akomodasi di Jepang. Mengapa? Karena tarif transportasi di Jepang cukup tinggi. Rofiq menyarankan wisatawan untuk membeli tiket Japan Rail Pass saat masih berada di Tanah Air.

"JR pass adalah tiket kereta yang memang dikhususkan pemerintah Jepang untuk wisatawan. Harganya sekitar Rp 3,2 juta untuk perjalanan tujuh hari. Kita bisa menjelajah Jepang dari utara sampai selatan," kata Rofiq.

Menurut dia, tiket kereta Shinkansen yang dibeli di Jepang bisa dibanderol sampai Rp 2 juta sekali jalan.

 Visa

Wisatawan Indonesia masih memerlukan visa untuk berkunjung ke Jepang. Kecuali, Anda  telah memiliki e-passport.

"Tahun ini bisa ke Jepang sudah lebih mudah dan cepat. Tahun sebelumnya butuh 7-8 hari. Sekarang 4-5 hari sudah keluar visanya," kata Rofiq.

Pemilik e-passport juga masih memerlukan surat izin masuk dari Kedutaan Jepang di Indonesia. Umumnya dalam satu hari surat izin akan dikeluarkan.

Asuransi perjalanan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com