Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengembangan Pariwisata Nias Butuh Dukungan Masyarakat

Kompas.com - 18/09/2016, 17:04 WIB

TELUK DALAM, KOMPAS.com - Upaya pengembangan berbagai sektor pariwisata di Kepulauan Nias, Provinsi Sumatera Utara, perlu mendapatkan dukungan masyarakat agar dapat berhasil dengan maksimal.

Ketika membuka Pesta Yaahowu di Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan, Sabtu (17/9/2016), Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, peranan masyarakat berpengaruh besar dalam menyukseskan program yang dijalankan pemerintah daerah.

Selain keramahan dan upaya menjaga keamanan, peranan lain dari masyarakat yang dibutuhkan adalah kesediaan untuk menjaga kebersihan berbagai lokasi wisata yang ada.

Jika potensi yang ada belum mampu menampilkan fasilitas yang modern, paling tidak lokasi tersebut harus selalu terjaga kebersihannya sehingga memberikan kenyamanan bagi wisatawan yang berkunjung.

"Masyarakat harus ikut turun tangan, jangan sampai sampah ada di mana-mana," katanya.

Menurut Luhut, jika ada peranan dan dukungan dari masyarakat, berbagai agenda pariwisata yang diselenggarakan di Kepulauan Nias akan semakin sukses.

Ia mencontohkan kegiatan lari marathon Danau Toba yang diselenggarakan untuk kedua kalinya pada tahun 2016.

Pada tahun 2015, kegiatan tersebut hanya diikuti 250 orang. Namun setelah adanya dukungan masyarakat, peserta kegiatan lari marathon pada tahun 2016 sudah mencapai 1.600 orang.

Kondisi yang lebih menarik, lanjut Luhut, lari marathon Danau Toba juga banyak diikuti peserta dari luar negeri seperti AS, Selandia Baru, Singapura, Malaysia, dan negara sahabat lainnya.

"Itu bisa terjadi karena masyarakat Batak sudah mulai bersatu," katanya.

*****

KompasTravel kembali menghadirkan kuis "Take Me Anywhere 2". Pemenang akan mendapatkan kesempatan liburan gratis yang seru ke Yogyakarta selama tiga hari dua malam.

Hadiah sudah termasuk tiket pesawat, transportasi lokal, hotel, konsumsi, dan beragam aktivitas seru selama di Yogyakarta. Juga raih kesempatan memenangkan hadiah smartphone. Klik link berikut: Mau Liburan Gratis di Yogyakarta? Ikuti Kuis "Take Me Anywhere 2"

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ANTARA
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com